Disebut Bakal Jadi Tulang Punggung Suplai Energi Nasional, Apa itu Energi Panas Bumi?

Jum'at, 11 September 2020 - 09:03 WIB
loading...
A A A
2. Tidak dapat diekspor, hanya dapat digunakan untuk konsumsi dalam negeri (indigenous).

3. Bebas dari risiko kenaikan (fluktuasi) bahan bakar fosil.

4. Tidak tergantung cuaca, supplier, dan ketersediaan fasilitas pengangkutan dan bongkar muat dalam pasokan bahan bakar.

5. Tidak memerlukan lahan yang luas.

Ramah terhadap lingkungan menjadi satu karakteristik energi panas bumi yang harus digarisbawahi. Energi panas bumi bersifat ramah terhadap lingkungan, tidak hanya dalam aspek produksi tetapi juga aspek penggunaan, sehingga dampaknya berperan positif pada setiap sumber daya.

Pada saat menjalankan proses pengembangan dan pembuatan, tenaga panas bumi sepenuhnya bebas dari emisi. Tidak ada karbon yang digunakan untuk produksi, kemudian seluruh prosedur juga telah bebas dari sulfur yang umumnya telah dibuang dari proses lainnya yang dilakukan.

Penggunaan energi panas bumi memang tidak akan menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan. Oleh karenanya efek dari pemanasan global yang disebabkan oleh emisi dari bahan-bahan minyak akan berkurang. Dalam penggunaannya sebagai pembangkit listrik tenaga panas bum i tidak akan dibutuhkan bahan bakar minyak yang bisa menyebabkan polusi udara.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)