Korea Selatan Kembangkan Baterai Tahan Lama untuk Mobil Listrik

Kamis, 29 Oktober 2020 - 23:56 WIB
loading...
Korea Selatan Kembangkan Baterai Tahan Lama untuk Mobil Listrik
Salah satu permasalahan dalam mobil listrik ada pada baterai. Kredit: Tesla
A A A
Korea Selatan - Kendaraan listrik di seluruh dunia, khususnya mobil, mengalami peningkatan dengan Tesla sebagai pemimpinnya. Mobil listrik didukung dengan baterai lithium ion (Li-Ion) yang menentukan performa mobil secara keseluruhan.

Meski memiliki tingkat ramah lingkungan cukup tinggi, mobil listrik masih memiliki permasalahan dalam waktu pengisian baterai yang lambat dan daya cukup lemah. Ini menjadikan minat sebagian besar orang di dunia untuk berganti dari mobil konvensional ke mobil listrik tidak terlalu signifikan.

Baca juga : Baterai Mobil Listrik Banyak Masalah, Ini Jawaban Nissan Indonesia

Melihat permasalahan diatas, tim peneliti dari Universitas Sains dan Teknologi Pohang (POSTECH), Korea Selatan, mengembangkan sistem pengisian lebih cepat dan baterai yang tahan lama untuk mobil listrik. Mereka ingin membuat kemampuan mobil listrik sama dengan mobil konvensional.

Tim peneliti Profesor Byoungwoo Kang dan Dr. Minkyung Kim dari Departemen Ilmu dan Teknik Material di POSTECH telah melakukan pembuktian saat mengisi dan mengosongkan baterai Li-Ion berbahan elektroda. Mereka ditemani oleh Profesor Won-Sub Yoon dari Departemen Ilmu Energi di Universitas Sungkyunkwan.

Hasil pembuktian mengatakan bahwa baterai yang baru dikembangkan memiliki daya tinggi dan sudah bisa diproduksi. Baterai ini memiliki kemampuan untuk mengurangi waktu pengisian secara signifikan.

Untuk pengisian cepat dan pemakaian baterai Li-Ion, metode mengurangi ukuran partikel bahan elektroda telah digunakan sejauh ini. Namun, mengurangi ukuran partikel memiliki kelemahan yaitu mengurangi kepadatan energi volumetrik baterai.

Tim peneliti mengkonfirmasi bahwa jika fase perantara dalam fase transisi terbentuk selama pengisian dan pengosongan, daya tinggi dapat dihasilkan tanpa kehilangan kepadatan energi atau mengurangi ukuran partikel. Ini memungkinkan pengembangan baterai Li-ion yang tahan lama.

Ada dua fase dalam proses pembuatan dan pertumbuhan fase baru saat pengisian dan pengosongan baterai. Keduanya memiliki volume yang berbeda dalam satu partikel yang mengakibatkan banyak kerusakan struktural diantara dua fase tersebut. inilah yang menghalangi pengosongan dan pengisian dengan cepat.

Tim peneliti POSTECH mengembangkan baterai dengan menggunakan metode sintesis. Ini memiliki pengertian bahwa seseorang dapat menginduksi fase perantara yang bertindak sebagai penyangga struktural untuk mengurangi perubahan volume fase kedua dalam sebuah partikel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)