Keren, NASA Membuat Base Camp di Bulan untuk Para Astronot

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 13:15 WIB
Keren, NASA Membuat Base Camp di Bulan untuk Para Astronot
Ilustrasi astronot di Kutub Selatan Bulan. Foto/NASA
PROGRAM Artemis Badan Penerbangan dan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) telah membuat kegembiraan di seluruh dunia. Para peneliti dan astronot saat ini sedang bekerja untuk membuat konsep Base Camp Artemis untuk tempat tinggal para astronot di Bulan.

Konsep tempat tinggal di Bulan ini memicu minat baru dalam menjelajahi Bulan lebih dalam. NASA diperkirakan akan mendapat mitra tambahan dalam eksplorasi berkelanjutan pada akhir dekade ini. (Baca: Inilah Perkara-perkara yang Membinasakan Manusia)

NASA tengah bersiap untuk mendaratkan wanita pertama dan pria berikutnya di Kutub Selatan Bulan pada 2024. Pengiriman awak di Bulan akan menambah daftar astronot yang melakukan pengamatan secara langsung sekaligus melihat area yang akan dibuat base camp.

Konsep base camp di Bulan mencakup kabin bulan modern, penjelajah dan rumah yang dapat dipindahkan. Konsep ini akan diawali dengan masa tinggal di permukaan secara singkat dan tidak menutup kemungkinan untuk tinggal di Bulan selama dua bulan pada tahap selanjutnya.

“Pada setiap perjalanan baru, para astronot akan memiliki tingkat kenyamanan yang meningkat seiring dengan kemampuan untuk menjelajahi dan mempelajari Bulan lebih banyak daripada sebelumnya,” kata Kathy Lueders, administrator asosiasi untuk penerbangan luar angkasa di Markas Besar NASA, Washington, dikutip dari Scitechdaily.

Dia mengungkapkan bahwa permitaan untuk dapat mengakses ke Bulan semakin bertambah seiring dengan rencana pembangunan base camp. Tim peneliti sedang mengembangkan teknologi untuk mencapai keberadaan manusia dan robot yang belum pernah terjadi sebelumnya. (Baca juga: Kemenag Minta Guru Fokus pada Pendidikan Karakter Siswa)

“Pengalaman kami di Bulan pada dekade ini akan mempersiapkan kami untuk petualangan yang lebih besar di alam semesta, eksplorasi manusia di Mars,” tambahnya.

Tim peneliti akan kembali ke permukaan bulan untuk pertama kalinya di abad ini yang dimulai dengan misi Artemis III. Dari orbit Bulan, dua astronot akan melakukan perjalanan baru dan pertama ke permukaan Bulan. Mereka akan mendarat di tempat yang belum pernah ada manusia yakni Kutub Selatan Bulan.

Pemilihan lokasi ini berdasarkan pengamatan para peneliti Bulan yang melihat adanya sumber daya mineral dan es. Base camp akan dibuat sedekat mungkin untuk mempermudah menjangkau sumber alam tersebut.

Pada beberapa misi pertama, sistem pendaratan manusia akan berfungsi ganda sebagai tempat tinggal di Bulan. Sistem ini menawarkan sistem pendukung kehidupan di Bulan dengan masa tinggal singkat.