Matahari Dorong Asteroid Apophis Menuju Bumi, Potensi Tabrakan Tahun 2068

Sabtu, 07 November 2020 - 04:50 WIB
loading...
Matahari Dorong Asteroid Apophis Menuju Bumi, Potensi Tabrakan Tahun 2068
Observatorium Luar Angkasa Herschel ESA menangkap asteroid Apophis di bidang pandangnya selama pendekatan ke Bumi pada 5-6 Januari 2013. Foto/Konkoly Observatory
A A A
JAKARTA - Warga Bumi harus mulai mengantisipasi adanya kemungkinan asteroid yang menabrak planet yang dihuninya. Sebuah asteroid bernama Apophis diketahui tengah melaju menuju orbit Bumi. (Baca juga: Habiskan Rp12 Triliun, OSIRIS-REx NASA Sukses Ambil Batuan Asteroid Bennu )

Para astronom mengatakan mereka harus mengawasi asteroid Apophis di dekat Bumi untuk melihat seberapa besar bahaya yang ditimbulkan batuan antariksa bagi planet ini. Potensi tabrakan bisa terjadi selama lintasan pada tahun 2068. Namun mereka tetap meminta masyarakat dunia tidak panik, karena kemungkinan tabrakan masih sangat rendah.

Dalam keadaan tertentu, Matahari dapat memanaskan asteroid secara tidak merata, menyebabkan batuan antariksa memancarkan energi panas secara asimetris. Hasilnya bisa berupa dorongan kecil ke arah tertentu -efek yang disebut akselerasi Yarkovsky, yang dapat mengubah jalur asteroid melalui ruang angkasa.

Karena para astronom belum pernah mengukur dorongan Matahari ini di Apophis sebelumnya, mereka tidak memperhitungkannya saat menghitung ancaman yang ditimbulkan asteroid kepada kita pada tahun 2068. Perhitungan sebelumnya menunjukkan kemungkinan tabrakan kecil, yakni 1:150.000.

Sekarang, sebut laman Space.com, sebuah studi baru menunjukkan asteroid itu menjauh dari orbit yang diperkirakan sebelumnya sekitar 557 kaki (170 meter) dalam setahun karena efek Yarkovsky, kata penulis utama dan astronom Universitas Hawaii di Manoa, David Tholen, dalam konferensi pers pada bulan lalu.

"Pada dasarnya, panas yang dipancarkan asteroid memberikan dorongan yang sangat kecil," jelasnya dalam pertemuan virtual American Astronomical Society's Division for Planetary Sciences.

"Belahan yang lebih hangat [dari asteroid] akan mendorong sedikit lebih banyak daripada belahan yang lebih dingin, dan itu menyebabkan asteroid menjauh dari apa yang diprediksi oleh orbit murni gravitasi," kata Tholen.

Dengan menunjukkan orbit Apophis selebar 1.120 kaki (340 m), dia menunjukkan para astronom mengira mereka memiliki cukup pengamatan terhadap asteroid -dikumpulkan selama bertahun-tahun setelah penemuannya pada 2004- untuk mengesampingkan dampak pada 2068.

"Perhitungan tersebut, bagaimanapun, didasarkan pada orbit yang tidak terpengaruh oleh energi Matahari. Pada akhirnya, ini berarti kami belum bisa mengesampingkan Apophis sebagai ancaman pada tahun 2068," kata Tholen.

"Skenario dampak 2068 masih dimainkan. Kita perlu melacak asteroid ini dengan sangat hati-hati," katanya lagi. (Baca juga: Pertama di Dunia, China Sukses Uji Satelit 6G di Luar Angkasa )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2464 seconds (0.1#10.140)