Asli Buatan Anak Bangsa, Vaksin Merah Putih Paling Cocok untuk Indonesia

Sabtu, 14 November 2020 - 22:11 WIB
loading...
Asli Buatan Anak Bangsa, Vaksin Merah Putih Paling Cocok untuk Indonesia
Para pembicara Webinar Salam Berbagi ketujuh yang mengangkat tema Vaksin Merah Putih. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Pengembangan Vaksin Merah Putih oleh anak bangsa dinilai sebagai vaksin yang cocok bagi rakyat Indonesia dalam memerangi COVID-19. Hal itu terungkap dalam Webinar Salam Berbagi yang diadakan pada 8 November kemarin. (Baca juga: Bulan Depan Unair Uji Coba Vaksin Merah Putih ke Hewan )

Webinar kali ini diikuti oleh Honesti Basyir (Direktur Utama PT Biofarma), Prof Kusnandi Rusmil (Guru Besar Fakultas Kedokteran Unpad, Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19), Prof Amin Soebandrio (Kepala Lembaga Eijkman), Indra Rudiansyah (Alumnus ITB di Oxford dari LPDP dan mengikuti riset vaksin COVID-19 di Oxford), L Rizka Andalucia (Direktur Registrasi Obat Badan POM), dan dimoderatori oleh Fenny Martha Dwivanny (Dosen SITH ITB dan Ketua KK Genetika dan Bioteknologi Molekuler).

Webinar Salam Berbagi kali ini dibuka oleh Prof I Gede Wenten, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB. Pada kesempatan itu dia berpendapat, tahun 2020 menjadi tahun yang berat dengan adanya pandemik. Tetapi Indonesia masih bisa bangkit dari kondisi ini dengan adanya Vaksin Merah Putih yang dikembangkan anak bangsa.

Dia menambahkan, vaksin ini diharapkan bisa segera menjadi salah satu solusi yang proses pengembangannya wajib didukung sepenuhnya. Vaksin Merah Putih merupakan vaksin karya anak bangsa yang dikembangkan oleh Lembaga Biomolekuler Eijkman dengan peneliti dari Eijkman, LIPI, UI, UGM, ITB, dan Unair.

Prof Amin Soebandrio menjelaskan, Vaksin Merah Putih ini dikembangkan dengan metode rekombinan. Vaksin ini menggunakan buatan anak bangsa dan murni menggunakan strain COVID-19 di Indonesia. Para penelitinya juga dari lokal sehingga diharapkan sangat tepat untuk rakyat Indonesia.

"Vaksin Merah Putih saat ini sudah pada tahap akan diuji pada hewan dan setelah itu baru uji klinis tiga kali," ujarnya.

Menurut Honesti Basyir, Vaksin Merah Pputih ini akan diberikan Lembaga Eijkman ke PT Biofarma untuk dilakukan uji klinis. PT Biofarma selaku holding farmasi di Indonesia berperan dalam penanganan COVID ini dengan melakukan proses menggunakan model quadriple helix.

Dia menambahkan, beberapa hal yang diperhatikan dalam produksi Vaksin Merah Putih ini ialah produksi vaksin harus efektif, cepat, aman, mandiri, dan halal.

Sementara itu, Rizka Andalucia, mengutarakan, BPOM selaku regulator dalam health security akan terus mengawasi produksi vaksin ini mulai dari pre hingga post-clinical. Setelah lulus uji klinis tiga, maka BPOM akan mengeluarkan izin untuk produksi massal Vaksin Merah Putih.

Indra Rudiansyah mengamini bahwa Vaksin Merah Putih merupakan vaksin pertama dengan seluruh prosesnya melibatkan orang Indonesia. Dengan demikian, vaksin ini sangat berperan penting dalam pengembangan infrastruktur yang dibutuhkan di Tanah Air, di mana sebelumnya masih terasa kurang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)