Hari Ini Pesawat N219 Nurtanio Kantongi Type Certificate dari Kemenhub

Senin, 28 Desember 2020 - 11:15 WIB
loading...
Hari Ini Pesawat N219 Nurtanio Kantongi Type Certificate dari Kemenhub
Pesawat N219 akan mendapatkan Sertifikasi Tipe/Type Certificate (TC), hari ini, dari otoritas kelaikudaraan sipil, DKPPU Ditjen Hubud Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Foto/LAPAN
A A A
TANGERANG SELATAN - Setelah melalui serangkaian uji coba yang panjang, pesawat N219 akhirnya akan mendapatkan Sertifikasi Tipe/Type Certificate (TC), hari ini, Senin (28/12/2020).

Pengujian dilakukan sebagai proses penting untuk menjamin keamanan dan keselamatan. Sebab pesawat akan dipakai oleh pengguna dan masyarakat umum.

Sertifikasi Tipe/Type Certificate (TC) adalah sertifikasi kelaikan udara dari desain manufaktur pesawat. Sertifikat ini dikeluarkan oleh otoritas kelaikudaraan sipil, yakni Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Penyerahan TC dari DKPPU Kemenhub juga menandakan bahwa pesawat N219 yang dirancang menjangkau daerah dengan kondisi georafis berbukit-bukit dan landasan pendek masuk kategori layak secara nasional. Selain itu, TC juga merupakan sebuah syarat bankable sebuah pesawat untuk dapat dikomersialisasikan sebagai pesawat operasional penumpang oleh maskapai penerbangan.

"N219 menjalani penerbangan perdana pada 16 Agustus 2017. Kemudian pada 10 November 2017, pesawat ini diberi nama Nurtanio oleh Presiden Joko Widodo," tulis Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) , melalui keterangan resminya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)