Ratusan Bentuk Kehidupan Baru Terbentuk dari Semburan Gunung berapi

Sabtu, 23 Januari 2021 - 10:29 WIB
Ratusan Bentuk Kehidupan Baru Terbentuk dari Semburan Gunung berapi
Foto/dok
WELLINGTON - Di planet Bumi, beberapa organisme suka dengan kondisi panas, beberapa suka dingin, dan yang lainnya merasa nyaman diantara semburan material mendidih di gunung berapi bawah laut.

Kelompok terakhir itu itu dikenal sebagai ekstremofil yang tumbuh subur dalam kondisi yang sangat panas. Anggota kelompok ini cenderung berskala mikroskopis, dan mereka termasuk tardigrades tahan radiasi, prokariota pencinta tekanan di dasar Palung Mariana. (Baca: Menghindari Kanibalisme, Belalang Jantan Gunakan Trik Baru Saat Kawin)

Sekarang, para peneliti yang menjelajahi gunung berapi laut dalam di dekat Selandia Baru telah memasukkan hampir 300 mikroba baru yang hidup dalam kelompok itu.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan 22 Desember 2020, dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, ahli biologi kelautan menggunakan robot yang dioperasikan dari jarak jauh untuk mengikis sedimen dari kumpulan ventilasi hidrotermal sedalam 6.000 kaki (1.800 meter) yang disebut Gunung Berapi Brother. Gunung ini terletak sekitar 200 mil (320 kilometer) timur laut Selandia Baru.

Dalam analisis DNA selanjutnya dari sedimen vulkanik, tim mengidentifikasi 285 jenis mikroba baru yang sebelumnya tidak diketahui. Hasil tangkapan ekstremofil mencakup 202 spesies bakteri baru yang potensial dan 83 spesies archaea (mikroba bersel tunggal purba yang cenderung hidup di lingkungan ekstrem). (Baca juga: Virus Strain Afrika Barat Bisa Tembus Antibodi Penyintas Covid-19)

Serupa dengan beragam mikroba yang hidup di Grand Prismatic Spring, berbagai jenis mikroba tampaknya berkumpul di berbagai bagian Gunung Berapi Bersaudara, tergantung pada suhu dan keasaman air di sekitarnya, tim menemukan.

Spesies tertentu menyukai dinding kaldera gunung berapi, yang dipenuhi dengan cerobong asap setinggi 65 kaki (20 m) yang terus-menerus memuntahkan cairan 600 derajat Fahrenheit (320 derajat Celcius) berisi logam.

Sedangkan spesies lain lebih suka berenang melalui gas belerang yang bocor dari dua gundukan besar di dekat pusat kaldera. (Suhu air di dekat gundukan itu adalah 250 F, atau 120 C)

Selain menambahkan begitu banyak spesies baru, temuan ini dapat memberi pengetahuan untuk mempelajari tempat-tempat paling ekstrem di Bumi. Karena mikroba tertentu yang berbagi sifat genetik tampaknya berkembang dalam kondisi ekstrem di Gunung Berapi Bersaudara. (Baca juga: Riset Baru Temukan Gunung Berapi Terbesar)

"Dengan lebih banyak data, kami dapat menggunakan mikroba sebagai proxy untuk mengkarakterisasi lingkungan di mana pengukuran tradisional sulit untuk dilakukan," kata Mircea Podar ahli genetika sistem di Laboratorium Nasional Oak Ridge di Tennessee.