Mengenal Lebih dalam Ring of Fire, Pemicu Gempa Bumi di Indonesia

Minggu, 24 Januari 2021 - 13:57 WIB
loading...
Mengenal Lebih dalam Ring of Fire, Pemicu Gempa Bumi di Indonesia
Gempa Bumi mewakili pelepasan energi dari bagian dalam Bumi, di mana sejumlah besar panas disimpan. Foto/CNN
JAKARTA - Gunung berapi paling aktif di dunia terletak di sepanjang apa yang disebut Ring of Fire atau Cincin Api. Wilayah itu juga tempat sebagian besar gempa Bumi terjadi karena lempeng tektonik saling mendorong sehingga menyebabkan getaran. Baca juga: Mengapa di Indonesia Banyak Terjadi Gempa Bumi? Ini Penjelasannya

"Cincin" itu membentang sepanjang 25.000 mil (40.000 kilometer) dari batas Lempeng Pasifik, ke lempeng yang lebih kecil seperti lempeng Laut Filipina, ke Lempeng Cocos dan Nazca yang melapisi tepi Samudera Pasifik.

Orang yang paling berisiko dari letusan gunung berapi dan gempa bumi tinggal di negara-negara yang terletak di sepanjang Cincin Api, termasuk Chili, Jepang, Pantai Barat AS, dan negara pulau lainnya termasuk Kepulauan Solomon hingga pesisir barat Amerika Utara dan Selatan.

Terbentuknya Cincin Api
Lempeng tektonik adalah lempengan besar kerak bumi. Ini terus bergerak di atas mantel -lapisan batuan padat dan cair di bawah kerak bumi. Nah Cincin Api terbentuk saat lempeng samudera meluncur di bawah lempeng benua.



Gunung berapi di sepanjang Cincin Api terbentuk ketika satu lempeng didorong di bawah lempeng lainnya ke dalam mantel -sebuah batuan padat antara kerak bumi dan inti besi cair- melalui proses yang disebut subduksi. Gempa Bumi besar -yang berisiko memicu tsunami- juga terjadi di zona subduksi.

Gunung Berapi Terbentuk?
Gunung berapi tercipta ketika magma, atau batuan cair panas, naik melalui retakan di kerak bumi, menyebabkan tekanan meningkat. Saat lempeng tektonik ditarik atau didorong bersama, tekanan terlepas, membuat magma meletus dalam bentuk abu dan atau lava. Setelah lava mendingin, ia membentuk kerak baru.

Gunung berapi perlahan terbentuk seiring waktu karena lapisan kerak menumpuk setelah beberapa letusan. Setidaknya 450 gunung berapi aktif dan tidak aktif melapisi Cincin Api.



Bagaimana Gempa Bumi Dipicu?
Gempa Bumi mewakili pelepasan energi dari bagian dalam bumi, di mana sejumlah besar panas disimpan. Panas mendorong pelat bergerak. Ketika dua pelat bergerak melawan satu sama lain dan menghasilkan gesekan, ini menyebabkan energi menumpuk. Ketika energi dilepaskan, itu memicu gempa bumi.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA