SpaceX Umumkan Penerbangan Luar Angkasa Sipil Pertama, Anda Bisa Ikutan Loh...

Selasa, 02 Februari 2021 - 13:47 WIB
SpaceX telah lama mengatakan akan terbuka untuk menjual tiket kepada warga sipil dan turis untuk kursi di kapsul Crew Dragon. Pesawat luar angkasa ini mulai beroperasi tahun lalu dan dimaksudkan untuk mengantarkan astronot NASA ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Februari lalu, SpaceX mengisyaratkan akan melakukan perjalanan bagi empat orang untuk menghabiskan beberapa hari di orbit, menikmati pemandangan Bumi di atas pesawat ruang angkasa selebar 13 kaki.

SpaceX akan melatih Isaacman, yang memiliki pengalaman sebelumnya mengemudikan berbagai pesawat, dan sesama awak untuk misi di fasilitas SpaceX. Pelatihan itu akan melibatkan beberapa rejimen yang dilakukan astronot profesional, termasuk kesiapsiagaan darurat, pelatihan gayaberat mikro dan pelatihan pakaian luar angkasa.

SpaceX -dan NASA- telah lama berharap pesawat ruang angkasa Crew Dragon SpaceX yang baru akan menumbuhkan minat sektor swasta dalam menghabiskan banyak uang untuk perjalanan luar angkasa. SpaceX menciptakan kapsul untuk NASA di bawah Program Kru Komersial, yang berusaha mengembalikan kemampuan penerbangan luar angkasa manusia ke Amerika Serikat setelah program Pesawat Ulang-alik pensiun pada tahun 2011 dan meninggalkan Amerika tanpa kemampuan mengirim astronot ke ruang angkasa selama hampir satu dekade.

Tetapi alih-alih memiliki pesawat ruang angkasa, karena NASA telah memiliki semua kendaraan luar angkasa manusia sebelumnya, Program Kru Komersial memungkinkan SpaceX untuk mempertahankan kepemilikan, memungkinkannya untuk menjual kursi kepada nonastronot dengan tujuan untuk membangkitkan minat dalam penelitian dan pariwisata berbasis ruang angkasa.