Bukti Pembantaian di Kamp Nazi Sobibor Polandia Ditemukan

Jum'at, 05 Februari 2021 - 08:32 WIB
loading...
Bukti Pembantaian di Kamp Nazi Sobibor Polandia Ditemukan
Tanda identitas milik David Jacob (Deddie) Zak, 8 tahun, ditemukan di kamp kematian Sobibor. Foto/Yoram Haimi
A A A
SOBIBOR - Para arkeolog telah menemukan tanda identitas dari empat anak yang dibunuh oleh Nazi di kamp kematian Sobibor di Polandia timur. Peneliyi juga menemukan kamar gas seluas 350 meter persegi dengan delapan kamar yang setiap kamarnya bisa menampung 800 orang.

Menurut Yoram Haimi, seorang arkeolog di Israel Antiquities Authority, identitas anak-anak yang terbuat dari logam ini kemungkinan diberikan orang tua kepada anak-anaknya. Orang tua mungkin berharap tanda ID akan membantu anak-anak dikembalikan ke rumah. (Baca: 5 Peristiwa Genosida Paling kejam Dalam Sejarah Modern)

"Setiap artefak kecil yang kami miliki membawa sebuah cerita. Ini adalah kisah mereka yang datang ke Sobibor," kata Haimi, yang pamannya terbunuh di kamp tersebut, kepada Live Science.

Sobibor terhubung ke jalur kereta api yang membawa orang-orang Yahudi dari seluruh Eropa, dan di dekat platform kereta api kamp itulah Haimi dan rekan-rekannya menemukan label tersebut. Label pertama yang ditemukan milik Lea Judith De La Penha berusia 6 tahun yang terbunuh pada tahun 1943.

Penggalian mereka juga menemukan kamar gas kamp seluas 350 meter persegi dengan delapan kamar. "Kami dapat mengatakan bahwa setiap kali Anda dapat memasukkan antara 800 hingga 900 orang di kamar gas ini, nyalakan motor tangki dan bunuh dalam 10 menit 900 orang. Itu pabrik pembunuhan," kata Haimi. (Baca juga: Sisa-sisa Masjid yang Dibangun Setelah Wafatnya Nabi Muhammad Ditemukan di Israel)

Tim menemukan tiga tanda lainnya antara tahun 2012 dan 2014 di "area pembunuhan" kamp, yang berisi kamar gas, krematorium, dan kuburan massal. Tag itu milik Deddie Zak yang berusia 8 tahun, Annie Kapper yang berusia 12 tahun dan David Juda Van der Velde yang berusia 11 tahun, yang dibunuh oleh Nazi pada tahun 1943.

Hanya setengah dari tag David Juda Van der Velde yang ditemukan, dan itu menunjukkan tanda-tanda kerusakan akibat kebakaran. "Jerman membakar tubuhnya dan di lehernya ada tanda ini," kata Haimi.

Setiap tag mencantumkan nama anak, tanggal lahir, dan asal mereka, yang membantu para arkeolog mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan singkat mereka. Untuk menentukan asal usul anak-anak tersebut, para peneliti menghubungi Herinneringscentrum Kamp Westerbork di Belanda, yang dulunya digunakan sebagai kamp transit selama Holocaust tetapi sekarang menjadi pusat pengunjung dan situs peringatan. (Baca juga: Pantas Dingin, Musim Hujan Diperikaran hingga Pertengahan Tahun 2021)

Semua anak tersebut berasal dari Amsterdam dan dapat dilacak melalui catatan kereta api orang-orang Yahudi yang dikirim ke Sobibor dari Eropa Barat. Beberapa dari anak muda yang baru diidentifikasi adalah bagian dari deportasi massal sekitar 1.300 anak kecil, hanya berusia 4 hingga 8 tahun, yang dipisahkan dari orang tua mereka dan dikirim ke kamar gas segera setelah mereka tiba di Sobibor.

"Kami tidak akan pernah tahu berapa banyak orang Yahudi yang terbunuh di kamp ini. Saya dapat memberitahu Anda dari ukuran kuburan massal - karena mereka sangat besar, pasti lebih dari 250.000 orang," kata Haimi.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)