Mengenal Teknologi Canggih Pencegah Banjir di Negara Maju

Senin, 08 Februari 2021 - 23:18 WIB
loading...
Mengenal Teknologi Canggih Pencegah Banjir di Negara Maju
Gerbang Thames Barrier dibangun antara tahun 1974 dan 1984 dan telah ditutup untuk mencegah banjir lebih dari 100 kali. Foto/The Mirror
A A A
JAKARTA - Banjir menjadi bencana musiman ketika musim hujan datang di Indonesia. Selain di Tanah Air, banjir merupakan ancaman bagi dunia. Kuncinya adalah bagaimana suatu negara mengantisipasinya untuk menekan jumlah korban jiwa dan materi.

Banjir sendiri dipicu banyak faktor. Sebut saja infrastruktur yang tidak dapat menampung kebutuhan drainase, kenaikan muka air laut, bendungan atau tanggul tua, erosi DAS dan sebagainya. Terkait antisipasi banjir, sejumlah negara maju sudah menerapkan teknologi tinggi guna mengantisipasinya.

Negara seperti Jepang, Inggris, dan Belanda telah menjadi contoh bagi bangsa lain dalam mengantisipasi banjir. Mereka mampu mengembangkan teknologi guna mengendalikan banjir. Seperti apa teknologinya, berikurt penjelasannya seperti dilansir dari thoughtco.com.

The Thames Barrier di Inggris
Di Inggris, para insinyur merancang penghalang banjir yang dapat dipindahkan dan inovatif untuk mencegah banjir di sepanjang Sungai Thames. Terbuat dari baja berlubang, gerbang air di Thames Barrier biasanya dibiarkan terbuka sehingga kapal dapat melewatinya.
Mengenal Teknologi Canggih Pencegah Banjir di Negara Maju

Kemudian, jika perlu, gerbang air berputar ditutup untuk menghentikan aliran air dan untuk menjaga permukaan Sungai Thames tetap aman. Cangkang berlapis baja yang mengkilap menjadi tempat balok ayun hidrolik yang memutar lengan gerbang raksasa untuk memutar gerbang terbuka dan tertutup. Sebuah "posisi di bawah tumpahan" parsial memungkinkan beberapa air mengalir di bawah penghalang.

Gerbang Thames Barrier dibangun antara tahun 1974 dan 1984 dan telah ditutup untuk mencegah banjir lebih dari 100 kali.

Pintu Air di Jepang
Dikelilingi oleh air, negara pulau Jepang ini memiliki sejarah banjir yang panjang. Area di pantai dan di sepanjang sungai yang mengalir deras di Jepang sangat berisiko. Untuk melindungi wilayah ini, para insinyurnya telah mengembangkan sistem kanal dan kunci pintu air yang kompleks.
Mengenal Teknologi Canggih Pencegah Banjir di Negara Maju

Setelah bencana banjir pada 1910, Jepang mulai mencari cara untuk melindungi dataran rendah di bagian Kota Tokyo. Pintu Air Iwabuchi yang indah, atau Akasuimon (Pintu Air Merah), dirancang pada 1924 oleh Akira Aoyama, seorang arsitek Jepang yang juga bekerja di Terusan Panama.

Gerbang Pintu Air Merah dinonaktifkan pada 1982 tapi tetap menjadi pemandangan yang mengesankan. Kunci baru, dengan menara jam persegi di batang tinggi, menjulang di belakang yang lama.

Motor "aqua-drive" otomatis menggerakkan banyak pintu air di Jepang yang rawan banjir. Tekanan air menciptakan kekuatan yang membuka dan menutup gerbang sesuai kebutuhan. Motor hidrolik tidak membutuhkan listrik untuk bekerja, sehingga tidak terpengaruh oleh kegagalan daya yang dapat terjadi selama badai.

Oosterscheldekering di Belanda
Belanda selalu berperang di laut. Dengan 60% populasi hidup di bawah permukaan laut, sistem pengendalian banjir yang dapat diandalkan sangat penting. Antara tahun 1950 dan 1997, Belanda membangun Deltawerken (Delta Works), jaringan bendungan, pintu air, kunci, tanggul, dan penghalang gelombang badai yang canggih.
Mengenal Teknologi Canggih Pencegah Banjir di Negara Maju

Salah satu proyek Deltaworks yang paling mengesankan adalah Penghalang Gelombang Badai Scheldt Timur, atau Oosterschelde. Alih-alih membangun bendungan konvensional, Belanda membangun penghalang dengan gerbang yang bisa digerakkan.

Setelah 1986, ketika Oosterscheldekering (kering means barrier) diselesaikan, ketinggian pasang surut berkurang dari 3,40 meter (11,2 kaki) menjadi 3,25 meter (10,7 kaki).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)