Mirip Dam, Inovasi Baru Ini Mampu Cegah Banjir Masuk Rumah

Kamis, 19 September 2024 - 15:05 WIB
loading...
Mirip Dam, Inovasi Baru...
Terbuat dari polypropylene, Boxwall BW102 dijamin tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh benda-benda yang dibawa banjir. Foto/Essanews
A A A
JAKARTA - Musim hujan identik dengan banjir di wilayah perkotaan seperti Jakarta dan sekitarnya. Namun tak perlu khawatir lantaran ada solusi sederhana agar air tak masuk ke dalam rumah atau area tertentu.

Perusahaan Swedia NOAQ Flood Protection AB telah menghadirkan perangkat pelindung banjir bernama Tubewall, selubung perlindungan banjir yang efisien. Alat ini dijamin efektif membedung banjir.

Selain itu, ada juga Boxwall, penghalang yang didirikan secara manual yang tahan lama. Perusahaan menawarkan dua model, yaitu Boxwall BW102 dan BW52. Perbedaan di antara keduanya terletak pada ketinggian struktur.



Dilansir dari Essanews, Kamis (19/9/2024), model BW102, beratnya sekitar 15 Kg per unit dan tingginya 99 sentimeter. Terbuat dari polypropylene, Boxwall BW102 dijamin tahan terhadap potensi kerusakan yang disebabkan oleh benda-benda yang dibawa oleh banjir.

Bahan ini juga menjamin daya tahan termal. Boxwall dapat digunakan dalam hampir semua kondisi, menahan suhu dari -22 hingga 194 derajat Fahrenheit.



Model yang lebih kecil, BW52, mencapai ketinggian 50 sentimeter dan dapat melawan air pada level tersebut. Pabrikan mengklaim versi yang lebih besar dari Boxwall cepat dipasang.

Dalam waktu satu jam, bagian penghalang banjir yang berdiri sendiri sepanjang 100 meter dapat dikerahkan. Segmen penghalang individu tidak perlu dijangkarkan ke tanah, adhesi dijamin oleh air yang masuk.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)