Cacing Martil yang Mengerikan, Kanibal dan Punya Racun Mirip Ikan Buntal

Selasa, 09 Februari 2021 - 05:35 WIB
loading...
A A A
Reproduksi dan Regenerasi
Cacing adalah hermafrodit, dengan setiap individu memiliki testis dan ovarium. Cacing martil dapat bertukar gamet dengan cacing lain melalui sekresinya.

Telur yang dibuahi berkembang di dalam tubuh dan dikeluarkan sebagai kapsul telur. Setelah sekitar tiga pekan, telur menetas dan cacing matang. Pada beberapa spesies, juvenil memiliki warna yang berbeda dengan dewasa.

Namun, reproduksi aseksual jauh lebih umum daripada reproduksi seksual. Cacing martil, seperti planaria lainnya, pada dasarnya abadi. Biasanya, cacing berkembang biak melalui fragmentasi, meninggalkan ujung ekor yang menempel di daun atau substrat lain, yang kemudian berkembang menjadi dewasa.

Jika cacing dipotong-potong, setiap bagian dapat beregenerasi menjadi organisme yang berkembang sempurna dalam beberapa pekan. Cacing yang terluka dengan cepat meregenerasi jaringan yang rusak.

Status Konservasi
Tidak satu pun spesies cacing martil yang telah dievaluasi untuk Daftar Merah IUCN, tetapi tidak ada bukti bahwa jumlah mereka terancam. Planarian darat tersebar luas di habitat alami tropis dan subtropis dan telah memperluas jangkauan teritorialnya ke seluruh dunia.

Setelah didirikan di rumah kaca, hewan tersebut menyebar ke wilayah sekitarnya. Di iklim yang lebih dingin, cacing mampu bertahan hidup pada suhu beku dengan mencari lokasi yang dilindungi.

Pada suatu waktu, para peneliti khawatir planet terestrial dapat merusak tanaman. Seiring waktu, mereka dianggap tidak berbahaya bagi tanaman hijau, tetapi kemudian muncul ancaman yang lebih berbahaya.

Cacing martil berpotensi memusnahkan populasi cacing tanah. Cacing tanah sangat penting karena mereka menganginkan dan menyuburkan tanah. Cacing martil dianggap sebagai spesies invasif yang mengancam.

Beberapa metode yang digunakan untuk mengendalikan siput juga berhasil pada cacing pipih. Namun dampak jangka panjangnya terhadap ekosistem belum sepenuhnya ditentukan
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5379 seconds (0.1#10.140)