Mendadak 'Gunung Es' Muncul di Kazakhstan, Fenomena Apa Ini?

Kamis, 11 Februari 2021 - 10:35 WIB
loading...
Mendadak Gunung Es Muncul di Kazakhstan, Fenomena Apa Ini?
Gunung es setinggi 14 meter ini terbentuk dari air panas yang keluar dan membeku karena suhu dingin yang ekstrem. Screenshot/Youtube/Ruptly
A A A
JAKARTA - Beberapa waktu belakangan ini sejumlah warga mendatangi gunung es yang muncul tiba-tiba dari dalam tanah di wilayah Almaty, Kazakhstan. 'Gunung es' setinggi 14 meter ini terbentuk dari air panas yang keluar dan membeku karena suhu dingin yang ekstrem.

Ilmuwan menyebut fenomena tersebut merupakan 'gunung es' yang terbentuk dari batuan gunung berapi yang memuntahkan lahar dari bawah kerak bumi. (Baca: Unik, Negeri Dalam Awan di Majalengka Ini Terus Berkabut)

Gunung es tersebut berasal dari sumber air panas yang menyembur keluar dan membeku saat jatuh kembali ke permukaan. Gunung es yang terbentuk setiap tahun menjadi tujuan wisata penduduk setempat.

Kerucut serupa dapat dilihat di AS, sering terlihat di Danau Besar seperti Danau Erie dan Danau Ontario. Di sana, air dari danau masuk ke bawah lapisan es di tepi danau, menciptakan gundukan es. (Baca juga: UEA Akan Rayakan Kemenangan Perlombaan ke Mars)

Sedangkan di luar angkasa, henomena gunung es adalah peristiwa yang paling mengesankan. Pada 2016, para ilmuwan mengamati apa yang mereka pikir bisa menjadi gunung es raksasa di Pluto, dengan lebar 90 mil dan tinggi 2,15 mil.

Artikel ini pertama kali diterbitkan oleh Business Insider
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4805 seconds (0.1#10.140)