Mengenal Sistem Kerja Autothrottle Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Kamis, 11 Februari 2021 - 13:08 WIB
loading...
Mengenal Sistem Kerja Autothrottle Pesawat Sriwijaya Air SJ182
Tuas autothrottle Pesawat Sriwijaya Air SJ182 jenis Boeing 737 Series. Foto/ ist
A A A
JAKARTA - Pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Dalam laporan tersebut, KNKT telah berhasil membuka isi rekaman Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ182. Dari laporan itu terungkap bahwa autothrottle Pesawat Sriwijaya Air SJ182 bermasalah.

Sistem autothrottle Pesawat Sriwijaya Air SJ182 diketahui sudah dua kali rusak. Itu berdasarkan hasil investigasi dan analisa buku catatan perawatan pesawat. Autothrottle merupakan sistem pengatur gas yang memungkinkan pilot menentukan kecepatan (speed) dan dorongan (thrust) pesawat secara otomatis.



Dalam sistem kecepatan, autothrottle berguna untuk mengatur penerbangan pesawat dalam batas yang aman. Tidak berfungsinya autothrottle Pesawat Sriwijaya Air SJ182 pertama dilaporkan pada 3 Januari 2021, atau enam hari sebelum kecelakaan.

Sebuah autothrottle (throttle otomatis) memungkinkan pilot untuk mengontrol pengaturan daya dari mesin pesawat dengan menentukan karakteristik penerbangan yang diinginkan, bukan mengontrol manual aliran bahan bakar.



autothrottle Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Sistem ini dapat menghemat bahan bakar dan memperpanjang umur mesin dengan metering jumlah yang tepat dari bahan bakar yang dibutuhkan untuk mencapai target kecepatan udara tertentu, atau untuk fase yang berbeda dari penerbangan. A/T dan AFDS (Auto Sistem Flight Director) bekerja sama untuk memenuhi rencana keseluruhan penerbangan dan sangat mengurangi beban kerja pilot '.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)