Negara-negara Ini Sudah Mampir ke Mars, Semoga Indonesia Bisa Menyusul ya...

Sabtu, 13 Februari 2021 - 13:20 WIB
loading...
Negara-negara Ini Sudah Mampir ke Mars, Semoga Indonesia Bisa Menyusul ya...
Pesawat ruang angkasa milik China, Tianwen-1, telah menempuh perjalanan sejauh 475 juta kilometer menuju Mars, sejak diluncurkan pada tujuh bulan lalu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Beberapa negara saat ini seperti sedang berlomba-lomba mendaratkan astronotnya di Mars . Terakhir, pada Rabu (10/2/2021) lalu, pesawat antariksa China dilaporkan telah memasuki orbit Planet Merah .

Pesawat ruang angkasa milik China bernama Tianwen-1, telah menempuh perjalanan sejauh 475 juta kilometer menuju Mars. Pesawat ruang angkasa itu diluncurkan dari Bumi pada tujuh bulan lalu.

Sehari sebelumnya, pesawat luar angkasa Uni Emirat Arab (UEA), Hope, telah lebih dulu memasuki orbit Mars. Tidak seperti Tianwen-1, Hope hanya mengamati Planet Merah dari atmosfernya. Selain keduanya, pesawat penjelajah milik Amerika Serikat juga diprediksi akan tiba di Mars pada pekan depan.

Berdasarkan laporan Politico, di Mars, China akan menurunkan robot penjelajahnya yang bertenaga surya, dan memiliki ukuran seperti mobil golf. Robot itu berencana mengumpulkan data air bawah tanah dan mencari bukti bahwa Mars mungkin pernah menampung kehidupan mikroskopis.

Sementara itu, New York Times melaporkan, lembaga antariksa India, Indian Space Research Organzation, juga memiliki Mars Orbiter Mission atau Mangalyaan. Pesawat ini mengorbit di Mars sejak 24 September 2014.

India menjadi negara Asia pertama yang mampu mencapai orbit Mars. Sedangkan Roscosmos, NASA, dan ESA, sudah lebih dulu tiba di sana. Ketiganya menjadi negara pertama yang berhasil melakukan percobaan mendarat di Mars.

Berkat pencapaian beberapa negara tersebut, tentu negara-negara lainnya akan menyusul. Kemajuan teknologi memungkinkan manusia agak lebih mudah mendarat di Mars. Tetapi bagaimana dengan Indonesia? Kapan menyusul?
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2708 seconds (0.1#10.140)