Jelang Pendaratan di Mars, Perseverance Sudah Berada di Posisi yang Tepat

Rabu, 17 Februari 2021 - 09:28 WIB
Sekarang, ilmuwan akan mencari jejak yang mungkin telah ditinggalkan oleh kehidupan primitif di Mars di tempat yang dianggap sebagai endapan danau yang dulu besar, yakni kawah di Jezero.

"Seperti ahli geologi yang mempelajari kehidupan paling awal di Bumi, kami mencari kehidupan mikroba - mikroba yang telah membuat sejenis lendir yang mungkin bisa temukan," anggota tim sains Bethany Ehlmann, seorang profesor ilmu planet di Institut Teknologi California, kepada BBC News. (Baca juga: Bumi Akan Kehilangan Bulan Kedua untuk Selamanya)

Mikroba semacam itu ada di Bumi tiga setengah miliar tahun yang lalu. Pertanyaannya adalah, apakah mereka juga ada di Mars di dasar danau tiga setengah miliar tahun yang lalu?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kata Ehlmann, akan sulit jika tidak membuktikannya secara langsung di tempat. "Sudah umum contoh kehidupan purba di Bumi menjadi perdebatan hangat, itulah sebabnya penjelajah Perseverances akan membawa sampel batuannya untuk dikirim pulang akhir dekade ini," katanya.