Robot Paling Canggih NASA Mulai Berburu Alien di Planet Mars

Jum'at, 19 Februari 2021 - 09:12 WIB
loading...
A A A
Jezero adalah tempat yang tepat untuk melakukan pekerjaan seperti itu, kata anggota tim misi. Kawah tersebut, yang terletak sekitar 18 derajat di utara ekuator Mars, memiliki danau seluas Danau Tahoe dahulu kala dan juga menampilkan delta sungai kuno. Selain itu, pengorbit Mars telah mengamati mineral lempung daratan Jezero, yang terbentuk dengan adanya air cair.

Perseverance akan meneliti tanah dan batu Mars dengan berbagai perlengkapan sains berteknologi tinggi, termasuk beberapa spektrometer, kamera resolusi tinggi, dan radar penembus tanah. Salah satu dari tujuh instrumen penjelajah, yang disebut SuperCam, akan menyemprot batuan dengan laser dan mengukur komposisi uap yang dihasilkan.

Pengamatan semacam itu berpotensi mengidentifikasi tanda meyakinkan kehidupan Mars kuno -mungkin sesuatu yang mirip dengan stromatolit, struktur yang dibuat di Bumi oleh lapisan mikroba yang menjebak kotoran. Tapi itu tugas berat bagi robot yang jauh dari rumah.

"Sebuah ID positif dari kehidupan Mars, jika pernah ada, kemungkinan akan membutuhkan analisis dengan peralatan canggih di laboratorium di Bumi," kata pejabat NASA. Dan Mars 2020 bertujuan untuk membantu mewujudkannya.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2856 seconds (0.1#10.140)