Hayley Arceneaux, Penyintas Kanker Pertama yang Akan ke Luar Angkasa

Rabu, 24 Februari 2021 - 08:21 WIB
loading...
Hayley Arceneaux, Penyintas Kanker Pertama yang Akan ke Luar Angkasa
Hayley Arceneaux, akan mencatatkan prestasi sebagai penyintas kanker pertama yang akan ke luar angkasa tahun ini. Foto/St Jude Childrens Research Hospital
A A A
TENNESSEE - Penyintas kanker tulang pertama yang menjadi astronot , Hayley Arceneaux terpilih oleh SpaceX untuk melakukan misi luar angkasa akhir tahun ini. Arceneaux menjadi orang pertama dengan bagian tubuh palsu yang mengunjungi luar angkasa dan orang Amerika termuda yang pernah mengorbit di Bumi.

Arceneaux terpilih menjadi orang yang akan bergabung dengan kru misi luar angkasa sipil pertama pada Januari 2021 lalu. Arceneaux sangat gembira tetapi, pada awalnya, dia harus menutup mulutnya. (Baca: Badan Antariksa Eropa Buka Kesempatan Bagi Disabilitas Bagi Jadi Astronout)

"Saya telah menyimpan rahasia terbesar dalam hidup saya selama satu setengah bulan. Jadi sekarang saya bisa membaginya dengan dunia," katanya kepada BBC .

Pilihannya untuk misi bersejarah diumumkan pada hari Senin oleh Rumah Sakit Penelitian Anak St Jude di Memphis, Tennessee, di mana Arceneaux pernah menjadi pasien kanker saat kecil dan sekarang bekerja sebagai perawat.

Hayley Arceneaux, Penyintas Kanker Pertama yang Akan ke Luar Angkasa


Akhir tahun ini, dia akan meluncurkan dari Florida dengan roket Falcon 9 yang dibuat oleh SpaceX, perusahaan yang didirikan oleh maestro bisnis Elon Musk.

"Saya pikir misi ini akan menginspirasi orang dalam banyak hal. Ini menunjukkan kepada mereka bahwa segala sesuatu mungkin terjadi," katanya. (Baca juga: Orang Tiadur Ternyata Bisa Diajak Berkomunikasi, Ini Penjelasannya)

Pada usia 10 tahun, Ms Arceneaux adalah pasien kanker tulang di St Jude. Selama perawatan, Arceneaux harus menjalani kemoterapi dan operasi untuk mengganti beberapa tulang kakinya dengan tulang buatan.

Di era yang berbeda, tulang kaki palsu Arceneaux akan mendasarkan ambisinya untuk perjalanan luar angkasa sebagai astronot NASA, karena persyaratan medis yang ketat dari badan tersebut.

Tetapi kemunculan misi luar angkasa pribadi dalam beberapa tahun terakhir telah memungkinkan lebih banyak orang untuk merasakan ke luar angkasa. "Misi ini membuka perjalanan luar angkasa bagi orang-orang yang tidak sempurna secara fisik," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3089 seconds (0.1#10.140)