Arkeolog Yunani Berburu Sisa Harta Karun Kapal Mentor di Pulau Kythera

Jum'at, 26 Februari 2021 - 19:34 WIB
loading...
Arkeolog Yunani Berburu Sisa Harta Karun Kapal Mentor di Pulau Kythera
Penyelam sedang mencari sisa-sisa harta karun dari Bangkai kapal Mentor yang membawa patung-patung dari Parthenon. Foto/V. Tsiairis
A A A
ATHENA - Ekspedisi terbaru oleh para penyelam ke bangkai kapal Mentor, yang tenggelam di lepas pulau Kythera, Yunani pada tahun 1802 telah menemukan beberapa sisa harta karun yang tertinggal.

Ketika tenggelam, kapal itu membawa patung marmer yang diambil dari Parthenon yang rusak parah di Athena yang kemudian dikenal sebagai "Elgin Marbles atau Parthenon Marbles". Patung-patung spektakuler ini menggambarkan dewa, pahlawan, dan hewan Yunani dan kini dipajang di Inggris Museum di London. (Baca: Harta Karun Berceceran, Peraian ASEAN Sampai Indonesia Jadi Incaran)

Arkeolog Kelautan Dimitris Kourkoumelis dari Ephorate of Underwater Antiquities Yunani mengatakan, benda-benda kecil yang ditemukan dari bangkai kapal mengungkapkan aspek menarik dari kehidupan orang-orang di atas kapal ketika tenggelam.

"Kami ingin memahami bagaimana kehidupan di atas kapal. Tidak hanya untuk penumpang tetapi juga untuk seluruk awaknya," kata Kourkoumelis kepada Live Science. Dalam perburuan sisa harta karun itu, mereka telah menemukan koin emas dari Utrecht di Belanda, serta dari Spanyol, dan juga koin dari Kekaisaran Ottoman.

Kourkoumelis telah memimpin ekspedisi penyelaman ke bangkai kapal Mentor setiap musim panas sejak 2009. Saat itu pemerintah Yunani memberlakukan undang-undang untuk melindungi bangkai kapal tersebut dan secara resmi memerintahkan para arkeolog negara bagian untuk menggalinya. (Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem, Ini Tips untuk Menghindari Petir Saat Hujan)

Menurut Kourkoumelis, pembangunan Mentor sangat berbeda dengan kapal sejenis yang dibangun di Mediterania. "Kapal-kapal ini dibangun untuk melakukan perjalanan di lautan terbuka. Jadi kapal ini jauh lebih kuat," katanya.

Kapal kayu itu sekarang membusuk setelah lebih dari 200 tahun di bawah gelombang, dan hanya beberapa tahun penggalian lagi yang mungkin dilakukan.

Kapal Mentor adalah brig buatan Amerika yang dimiliki oleh diplomat Inggris Thomas Bruce yang juga seorang bangsawan Skotlandia bergelar Earl of Elgin ketujuh. Elgin, begitu dia dikenal, menggunakan kapal itu untuk membawa barang antik ke Inggris yang dia kumpulkan saat ditempatkan di Konstantinopel sebagai duta besar Inggris untuk Kekaisaran Ottoman. Kapal itu berhasil mencapai Kythera namun menabrak batu karang sehingga tenggelam ke dasar laut. (Baca juga: Hayley Arceneaux, Penyintas Kanker Pertama yang Akan ke Luar Angkasa)

Sekretaris Elgin, William Hamilton, kemudian menghabiskan hampir dua tahun di Kythera, untuk mengawasi penyelamatan patung oleh penyelam lokal. Patung-patung itu kemudian dikirim ke Inggris, dan Elgin menjualnya ke British Museum pada tahun 1816.

Elgin mengklaim telah membeli patung-patung itu dan telah memperoleh izin dari pemerintah Ottoman untuk membawanya ke Inggris. Tetapi tidak ada bukti dokumen yang pernah ditemukan terhadap klaim Eglin itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)