Arkeolog Yunani Berburu Sisa Harta Karun Kapal Mentor di Pulau Kythera

Jum'at, 26 Februari 2021 - 19:34 WIB
loading...
A A A
Ketika Yunani mendapatkan kemerdekaannya dari pemerintahan Ottoman pada tahun 1832, Yunani memulai serangkaian proyek untuk mengambil kembali karya seni yang dijarah. Elgin Marbles berada di urutan teratas daftar karya seni itu. (Baca juga: Dibeli Secara Obral, Mangkuk China Ini Ternyata Barang Antik yang Sangat Langka)

Sejak itu, pemerintahan Yunani menuntut agar patung-patung itu dikembalikan. Namun, pihak British Museum menolak, meskipun telah menawarkan untuk meminjamkannya untuk sementara.

Kini tidak ada lagi barang dari koleksi Elgin yang pernah ditemukan di bangkai kapal tersebut. Arkeolog Yunani hanya menemukan benda kecil selama bertahun-tahun, termasuk perhiasan emas, koin kuno, dan tembikar Yunani yang mungkin berasal dari koleksi pribadi beberapa penumpang saat tenggelam.

Penemuan terbaru tahun lalu termasuk dua buah catur kayu - enam buah catur lainnya dari set yang sama ditemukan pada tahun-tahun sebelumnya - dan token logam atau koin yang mungkin digunakan dalam permainan kartu. (Baca juga: Ribuan Koin dan Cincin Emas Langka Ditemukan di Ladang Jagung Polandia)

Para arkeolog berencana untuk memeriksa secara ilmiah semua barang itu, banyak di antaranya akan dipajang di Museum Acropolis di Athena. Museum ini sudah memamerkan sekitar setengah dari patung Parthenon yang tersisa, dan memiliki ruang yang disediakan untuk Elgin Marbles jika mereka dikembalikan ke Yunani.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2210 seconds (0.1#10.140)