Tingkatkan Kemampuan ISS, Dua Astronot NASA Berjalan di Luar Angkasa

Senin, 01 Maret 2021 - 13:10 WIB
loading...
Tingkatkan Kemampuan ISS, Dua Astronot NASA Berjalan di Luar Angkasa
Astronot NASA Victor Glover Jr. melakukan perjalanan luar angkasa di luar ISS dalam persiapan untuk peningkatan susunan surya yang akan datang. Foto/NASA
A A A
JAKARTA - Dua astronot NASA , Kate Rubins dan Victor Glover Jr. memulai perjalanan luar angkasa mereka di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kemarin. Mereka melakukan Spacewalk untuk meningkatkan kemampuan ISS yang masa pakainya harusnya sudah selesai beberapa tahun lalu.

DIlansir CNN , video definisi tinggi disiarkan langsung dari kamera helm Rubins untuk pertama kalinya, saat mereka bekerja di luar stasiun luar angkasa. Sebelumnya, kamera helm hanya menyediakan video definisi standar. (Baca: Penjelajah NASA Perseverances Sukses Mendarat di Kawah Jezero Mars)

Kedua anggota awak NASA saat ini adalah penjelajah ruang angkasa senior. Glover sudah dua kali berjalan di luar angkasa sejak tiba di stasiun luar angkasa pada November dan kemarin adalah yang ketiga kalinya Glover melakukan spacewalk. Rubins juga sudah melakukan tiga kali spacewalk selama keberadaannya di stasiun luar angkasa pada tahun 2016.

Rubins dan Glover bersiap untuk peningkatan susunan surya yang akan datang dengan merakit dan memasang kit modifikasi di ISS. Sebenarnya susunan surya di ISS masih berfungsi dengan baik tapi mengalami penurunan performa.

Degradasi ini diperkirakan karena mereka hanya memiliki masa pakai sekitar 15 tahun dan dipasang pada bulan Desember 2000. Jadi bisa dibilang mereka telah bertahan lebih lama dari perkiraan.

Menurut NASA , Array tenaga surya baru akan ditempatkan di depan enam susunan yang saat ini ada di ISS untuk meningkatkan daya stasiun dari 160 kilowatt menjadi 215 kilowatt. Array surya akan mulai diluncurkan ke stasiun luar angkasa dengan kendaraan SpaceX pada bulan Juni. (Baca juga: Satelit NASA Menangkap Garis-gais Misterius di Rusia Utara)

Rubins juga akan berpasangan dengan astronot Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang Soichi Noguchi untuk berjalan di luar angkasa pada 5 Maret 2021. Mereka akan menyelesaikan sejumlah tugas, termasuk pemasangan kit peningkatan susunan surya, mengeluarkan amonia dari Sistem Amonia Awal dan penggantian rakitan transceiver video nirkabel.

Keduanya juga akan memasang penutup termal kunci udara Quest. Ini akan mencegah tutupnya meledak saat atmosfer keluar setiap kali palka dibuka. Ini adalah perjalanan ruang angkasa ke-235 dalam sejarah stasiun ISS.Tingkatkan Kemampuan ISS, Dua Astronot NASA Berjalan di Luar Angkasa

Dua astronot NASA , Kate Rubins dan Victor Glover Jr. memulai perjalanan luar angkasa mereka di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kemarin. Mereka melakukan Spacewalk untuk meningkatkan kemampuan ISS yang masa pakainya harusnya sudah selesai beberapa tahun lalu.

Video definisi tinggi disiarkan langsung dari kamera helm Rubins untuk pertama kalinya, saat mereka bekerja di luar stasiun luar angkasa. Sebelumnya, kamera helm hanya menyediakan video definisi standar. (Baca juga: Seperti American Airlines, Ini 6 Penampakan UFO yang Belum Terpecahkan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)