Timbulkan Suara Super Sonik, Bola Api Jatuh di Selatan Inggris

Selasa, 02 Maret 2021 - 14:29 WIB
Timbulkan Suara Super Sonik, Bola Api Jatuh di Selatan Inggris
Banyak orang di Eropa Utara yang menyaksikan bola api melintas di atas langit Inggris. Foto/BBC
LONDON - Banyak orang di Eropa Utara yang menyaksikan bola api melintas di atas langit Inggris. Bola api yang diduga meteor itu diperkirakan jatuh di Hutan Cheltenham Inggris pada Minggu 28 Februari malam waktu setempat.

Para ilmuwan mengira bola api itu merupakan meteor yang selamat dari panas yang hebat ketika masuk ke atmosfer Bumi. Berdasarkan model komputer yang dibuat ilmuwan, meteor itu kemungkinan jatuh di utara Cheltenham. "Kami dapat melacak bola api dengan sangat baik," jelas Dr Ashley King dari Aliansi Bola Api Inggris ( UKFAll) dan Museum Sejarah Alam London (NHM). (Baca: Ilumuwan Percaya Bahwa Air yang Ada di Bumi Berasal dari Meteorit)

Kendati begitu, ilmuwan belum bisa memastikan titik lokasi jatuhnya meteor tersebut. "Angin kencang bisa saja membelokan arah meteor itu ketika akan menghantam Bumi," katanya kepada BBC News .

Bola api menghasilkan ledakan sonik saat meluncur melintasi langit selatan Inggris. Laporan saksi mata menggambarkan objek yang pecah menjadi beberapa garis yang ditentukan sebelum menghilang.

"Kami telah belajar selama bertahun-tahun bahwa kebanyakan meteorit membawa semacam catatan magnetik intrinsik di dalamnya sejak mereka berada di luar angkasa," kata Dr. King.

Namun semua data itu dapat hilang jika yang menemukannya meletakkan magnet pada objek. "Kami akan kehilangan semua informasi itu," katanya. (Baca juga: Penemuan Tak Disengaja yang Mampu Mengubah Dunia)

Beberapa lintasan dari data kamera telah menunjukkan bahwa objek tersebut berasal dari sabuk asteroid luar, yang berada di antara Mars dan Jupiter.

Ilmuwan dari UKFAll dan ahli meteorit dari universitas Glasgow dan Manchester dan NHM tertarik untuk mengetahui lebih jauh dengan benda langit tersebut. Meskipun Anda hanya memiliki foto atau video dari acara tersebut, peneliti meminta Anda untuk mengunggah dan membagikannya.

Antara 10 dan 20 meteorit diperkirakan jatuh ke tanah di Inggris setiap tahun, tetapi jarang ada fragmen yang benar-benar terangkat. Terakhir, meteorit Glatton ditemukan pada tahun 1991 di desa Glatton dekat Peterborough. Tuan Arthur Pettifor sedang merawat bawang di kebunnya ketika batu sebesar 10 cm jatuh ke pagar tanamannya.Timbulkan Suara Super Sonik, Bola Api Jatuh di Selatan Inggris. (Baca juga: Diambang Kehancuran, Bumi Akan Semakin Panas Akibat Emisi Karbon)

Banyak orang di Eropa Utara yang menyaksikan bola api melintas di atas alngit Inggris. Bola api yang diduga meteor itu diperkirakan jatuh di Hutan Cheltenham Inggris pada Minggu 28 Februari malam waktu setempat.

Kendati begitu, ilmuwan belum bisa memastikan titik lokasi jatuhnya meteor tersebut. "Angin kencang bisa saja membelokan arah meteor itu ketika akan menghantam Bumi," katanya kepada BBC News.

Setiap pecahan yang berhasil mencapai tanah akan berukuran kecil, lebih kecil dari jeruk, misalnya, dan cenderung gelap dan berkilau. Siapapun yang menemukannya diminta untuk memotretnya di tempat, mencatat koordinat GPS dari telepon dan diberitahukan ke lembaga terkait. (Baca juga: Arus Besar Samudera Atlantik Berubah, Bumi Dalam Bahaya)