Gali Inti Terdalam Bumi, Ilmuwan Australia Ungkap Misteri Tak Terduga

Rabu, 03 Maret 2021 - 22:29 WIB
loading...
Gali Inti Terdalam Bumi, Ilmuwan Australia Ungkap Misteri Tak Terduga
Planet Bumi. Foto/NASA
A A A
JAKARTA - Para peneliti dari The Australian National University (ANU) telah mengkonfirmasi keberadaan "inti terdalam" bumi .

Penulis utama studi ini, Ph.D. Peneliti Joanne Stephenson, mengatakan meskipun lapisan baru ini sulit untuk diamati, sifatnya yang berbeda mungkin menunjukkan peristiwa dramatis yang tidak diketahui dalam sejarah Bumi. (Baca: Bisa Berdampak ke Bumi, NASA Tangkap Ledakan Besar di Matahari)

"Kami menemukan bukti yang mungkin menunjukkan perubahan dalam struktur besi, yang menunjukkan mungkin dua peristiwa pendinginan terpisah dalam sejarah Bumi ," kata Stephenson seperti dikutip Phys .

Stephenson mengatakan, detail dari peristiwa besar ini masih sedikit misteri. "Tapi kami telah menambahkan potongan teka-teki lain terkait pengetahuan kami tentang inti bumi," katanya.

Ia mengatakan bahwa menyelidiki struktur inti dalam dapat membantu ilmuwan lebih memahami tentang sejarah dan evolusi Bumi. Karena secara tradisional, telah diajarkan bahwa bumi memiliki empat lapisan utama: kerak bumi, mantel, inti luar dan inti dalam. (Baca juga: Ilmuwan Buktikan Kehidupan Baru Bisa Terbentuk di Planet Mars)

"Ide tentang lapisan lain yang berbeda telah diusulkan beberapa dekade lalu, tetapi datanya sangat tidak jelas. Kami menyiasatinya dengan menggunakan algoritme penelusuran yang sangat cerdas untuk menelusuri ribuan model inti dalam," katanya.

Stephenson mengatakan, ini sangat menarik dan mungkin ilmuwan harus menulis ulang buku tentang sejarah bumi .
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)