Inggris Berencana Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Fusi Nuklir Pertama

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:32 WIB
loading...
Inggris Berencana Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Fusi Nuklir Pertama
Foto/BBC News
A A A
LONDON - Inggris berambisi menjadi negara pertama yang akan membangun reaktor fusi nuklir pertama di dunia. Untuk mewujudkan rencana ini, Pemerintah Inggris telah mengalokasikan £ 220 juta untuk merancang reaktor komersial prototipe, yang dikenal sebagai Spherical Tokamak for Energy Production (STEP).

Fusi adalah sumber potensial energi bersih yang hampir tak terbatas tetapi saat ini hanya dilakukan dalam percobaan. Fusi adalah proses yang terjadi di dalam matahari yang menciptakan energi dengan memaksa atom-atom bersatu. Ini adalah kebalikan dari reaktor nuklir standar yang mengandalkan fisi, memecah atom. (Baca: Lewat Proses Fusi Nuklir, Matahari Buatan China Sangat Power Full)

Dilansir BBC News , Pemerintah Inggris sedang mencari lokasi untuk membangun apa yang dikatakannya menjadi reaktor komersial prototipe pertama di dunia. Pembangkit listrik tenaga batu bara di Nottinghamshire akan diajukan ke dewan untuk rencana ini.

Pemerintah telah menyisihkan £ 220 juta untuk merancang reaktor komersial prototipe, yang dikenal sebagai Spherical Tokamak for Energy Production (STEP). Pada bulan Desember, mereka meminta otoritas lokal untuk mengajukan lokasi potensial untuk membangun reaktor fusi nuklir tersebut.

Kemudian Sekretaris Bisnis dan Energi Alok Sharma mengatakan, semua wilayah memiliki kesempatan berada di buku sejarah sebagai lokasi pertama pembangunan STEP. Ini sekaligus membantu Inggris menjadi negara pertama di dunia yang mengkomersialkan fusi. (Baca juga: Gali Inti terdalam Bumi, Ilmuwan Ajustralia Ungkap Misteri Tak Terduga)

Anggota dewan distrik Rushcliffe akan membahas penempatan situs batu bara Ratcliffe-on-Soar. Jika terpilih, prototipe dapat dibangun di sana pada tahun 2040.

Sebuah laporan kepada dewan, yang merekomendasikan untuk mendukung tawaran tersebut, mengatakan itu akan membentuk pusat dari program kegiatan yang mendukung ribuan pekerjaan berkualitas tinggi dan berteknologi tinggi.

"STEP akan mendukung pertumbuhan ekonomi, memberikan kesempatan untuk menarik £1,5 miliar investasi masuk, dan pelatihan insinyur yang sangat terampil," kata laporan itu. (Baca juga: Ilmuwan Rusia Pernah Coba Ciptakan Makhluk Hibrid Campuran Manusia dengan Kera)

Dewan mengatakan situs lain juga sedang dipertimbangkan di East Midlands tetapi tidak mengungkapkan di mana. Proyek Ratcliffe-on-Soar dijadwalkan akan dibahas oleh otoritas pada 9 Maret.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)