Hari Ini Asteroid Sebesar Menara Eiffel Melintasi Bumi

Jum'at, 05 Maret 2021 - 18:58 WIB
Hari Ini Asteroid Sebesar Menara Eiffel Melintasi Bumi
Foto/dok
CALIFORNIA - Asteroid seukuran Menara Eiffel akan melewati Bumi pada Jumat (5/3/2021) dan kembali ke lingkungan planet kita pada 2029. Asteroid yang dijuluki Apophis (setan Mesir kuno), pertama kali terlihat pada tahun 2004 dan tidak akan menimbulkan bahaya bagi Bumi.

Saat melewati Bumi hari ini, Asteroid Apophis berada 40 kali jarak Bumi ke Bulan. Tetapi para ilmuwan menggunakan minggu ini sebagai perhitungan karena lintasan asteroid berikutnya, pada 13 April 2029, Apophis akan berada sangat dekat mungkin dengan Bumi. (Baca: Asteroid Sebesar Jembatan Golden Gate Akan Melintasi Bumi, Catat Tanggalnya)

"Apophis pada tahun 2029 akan sangat dekat dan menjadi kesempatan pengamatan yang sangat luar biasa bagi kami," kata Marina Brozovic, seorang ilmuwan radar di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, kepada Live Science.

Asteroid Apophis memiliki lebar 340 meter dengan material terdiri dari batu, besi dan nikel. Bentuknya mungkin kira-kira seperti kacang, meskipun para astronom akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang bentuknya saat melewati Bumi minggu ini, menurut NASA.

Asteroid itu mengorbit penuh mengelilingi matahari setiap 11 bulan. Pada 5 Maret 2021, ia akan datang dalam jarak 93 juta mil (150 juta kilometer) dari Bumi pada pukul 8:15 malam. EST (0115 GMT pada 6 Maret).

Dengan jarak sejauh itu, asterodi Apophis tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, tetapi para ilmuwan akan menggunakan radar planet untuk menggambarkan Apophis di Kompleks Komunikasi Antariksa Dalam Goldstone NASA di California dan Teleskop Green Bank di Virginia Barat. (Baca juga: Naskah Kuno Berusia Ribuan Tahun Ungkap Cara Orang Mesir Melakukan Mumifikasi)

Mereka berharap dapat menentukan bentuk asteroid dan mempelajari lebih lanjut tentang cara perputarannya. "Kami tahu Apophis berada dalam keadaan berputar yang sangat rumit, ini seperti berputar dan berguling pada saat yang sama," kata Richard Binzel, seorang ilmuwan planet di Institut Teknologi Massachusetts.

Pada lintasan terdekatnya dengan Bumi pada tahun 2029, Apophis akan terlihat sekilas dengan mata telanjang di Australia barat seperti bintang-bintang di Biduk. Ini akan paling dekat ke Bumi pada pukul 6 sore. EDT pada 13 April 2029, ketika akan melewati Atlantik - lautan yang akan dilintasi hanya dalam satu jam. Asteroid akan melintasi Amerika Serikat pada jam 7 malam EDT.

Apophis dinamai iblis Mesir kuno yang mempersonifikasikan kekacauan dan kejahatan, karena para astronom pada awalnya menghitung bahwa ada 3% kemungkinan asteroid dapat menabrak Bumi pada penerbangan 2029. Mereka sekarang telah menunjukkan bahwa asteroid tidak akan bertabrakan dengan Bumi pada tahun 2029, atau pada lintasan berikutnya pada tahun 2036. (Baca juga: Saingi ISS, China Mulai Membangun Stasiun Luar Angkasa Bulan Depan)

Masih ada sedikit kemungkinan bahwa asteroid tersebut dapat menghantam Bumi pada tahun 2068, tetapi pesawat terbang tahun 2021 dan 2029 seharusnya memberikan informasi lebih lanjut kepada para astronom yang digunakan untuk menghitung masa depan Apophis.