Detik-detik Gunung Es Raksasa A74 Memisahkan Diri dari Antartika

Sabtu, 06 Maret 2021 - 09:27 WIB
loading...
Detik-detik Gunung Es Raksasa A74 Memisahkan Diri dari Antartika
Foto/BBC News
A A A
JAKARTA - Satelit Inggris Vision-1 untuk Survei Antartika Inggris menangkap momen sangat jelas ketika gunung es raksasa yang dinamakan A74 memisahkan diri dari Antartika. Gunung es raksasa seluas 1.290 km persegi itu kini bergerak di Laut Weddel Antartika.

Dilansir BBC News , Citra beresolusi sangat tinggi menampilkan bagaimana sebuah retakan mengakibatkan terbentuknya mega-gunung es terbaru Antartika. A74, sebutan blok 1.290 km persegi memisahkan diri dari Rak Es Brunt tepat seminggu yang lalu. (Baca: Gunung Es Terbesar di Dunia Hancur Seperti Potongan Puzle)

Gambar baru dari Sabtu lalu menunjukkan pelebaran "North Rift" sehari setelah melahirkan. Mereka diambil dari satelit Inggris Vision-1 untuk Survei Antartika Inggris.

BAS memiliki Stasiun Penelitian Halley di Brunt, yang diposisikan sekitar 23 km dari celah. Citra radar ini juga memperlihatkan sangat jelas bagaimana gunung es A74 setebal 150m terdorong ke Laut Weddell Antartika .

BAS menggunakan semua gambar luar angkasa ini untuk memantau pergerakan gunung es tersebut. Agen yang berbasis di Cambridge ingin melihat apakah A74 mungkin bertabrakan dengan bagian barat Brunt dan memulai melahirkan anak kedua bahkan lebih dekat ke Halley. (Baca juga: Jadi Penemuan Besar Abad ke 21, Arkeolog Mesir Temukan Makam Ratu Nefertiti)

Halley akan berada 17 km dari lokasi yang paling memungkinkan untuk pemisahan kepingan gung es. Sensor GPS di sekitar Halley melaporkan tidak ada reaksi di es langsung di bawah pada hari-hari setelah gunung es A74 memisahkan diri dari Antartika.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2536 seconds (0.1#10.140)