Ilmuwan: Antibodi Varian Afrika Selatan 'Hajar' Virus COVID dari Mutasi Lain

Minggu, 07 Maret 2021 - 10:15 WIB
loading...
Ilmuwan: Antibodi Varian Afrika Selatan Hajar Virus COVID dari Mutasi Lain
Antibodi dari pasien yang sembuh dari COVID varian Afrika Selatan bisa melawan virus Corona baru dari mutasi lain. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JOHANNESBURG - Penelitian oleh para ilmuwan Afrika Selatan menunjukkan antibodi yang dipicu oleh paparan dominan varian virus Corona di negara itu dapat mencegah infeksi COVID-19 oleh mutasi lain .

Para ilmuwan yang terlibat di dalamnya mengungkapkan temuannya itu, pertengahan pekan kemarin. Temuan dalam studi laboratorium menawarkan harapan bahwa vaksin COVID-19 berdasarkan varian 501Y.V2 yang pertama kali diidentifikasi akhir tahun lalu dapat melindungi dari berbagai varian yang beredar di berbagai belahan dunia.

Varian yang lebih menular mendorong gelombang kedua infeksi di Afrika Selatan yang mencapai puncaknya pada Januari. Varian ini diyakini telah menyebar ke banyak negara lain di Afrika dan benua lain.

“Kami menggunakan plasma ... dari orang-orang yang terinfeksi dalam gelombang terbaru ini dengan 501Y.V2 dan kami menggunakannya untuk melawan virus gelombang pertama, ... apa yang kami temukan adalah bahwa itu dapat menetralkan, oke tidak sebaik itu dapat menetralkan dirinya sendiri tetapi tidak buruk sama sekali," ungkap Alex Sigal dari Institut Penelitian Kesehatan Afrika, seperti dikutip Reuters.

Sigal, mengatakan, vaksin yang dirancang dengan varian 501Y.V2 mungkin melindungi silang dari varian lain. Hal ini memberi Anda gambaran bagaimana masalah varian ini dapat dipecahkan.

Penny Moore, seorang profesor di National Institute for Communicable Diseases, mengatakan, respons antibodi dari varian 501Y.V2 hanya berkurang tiga kali lipat terhadap virus gelombang pertama. Sedangkan respons dari virus gelombang pertama berkurang sembilan kali lipat dibandingkan 501Y.V2.

"Bukan karena antibodi yang dipicu oleh 501Y.V2 entah bagaimana ajaib, ada penurunan, ... tapi tidak seperti antibodi yang dipicu oleh varian aslinya, mereka tampaknya memiliki keluasan yang lebih besar," katanya lagi.

Salim Abdool Karim, penasihat pemerintah tertinggi untuk COVID-19, mengatakan, produsen vaksin besar termasuk Pfizer, AstraZeneca dan Johnson & Johnson sudah membuat vaksin berdasarkan varian 501Y.V2. "Moderna telah mengadaptasi bidikannya dan memasukkannya ke dalam studi manusia," tambahnya.

Dia memperkirakan pada akhir tahun 2021 sebagian besar produsen vaksin akan menyesuaikan suntikan mereka. "Bukan karena mereka secara khusus mengkhawatirkan virus yang datang dari Afrika Selatan ... tetapi karena mutasi kunci pada 501Y.V2 sebenarnya juga ada di banyak varian lainnya," klaim Salim.

Afrika Selatan sejauh ini mencatat infeksi dan kematian COVID-19 terbanyak di benua Afrika. Negara ini memiliki 1,5 juta kasus dan lebih dari 50.000 kematian hingga saat ini.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3042 seconds (0.1#10.140)