5 Negara Penghasil Vaksin Covid-19

Minggu, 03 April 2022 - 15:19 WIB
loading...
5 Negara Penghasil Vaksin Covid-19
5 negara penghasil vaksin Covid-19. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara penghasil vaksin Covid-19 sudah berkomitmen dalam rangka memenuhi kebutuhan vaksin untuk seluruh populasi sasaran. Dilansir dari smarcity.jakarta.go.id, berikut 5 negara penghasil vaksin Covid-19.

1. Jerman

Jerman adalah salah satu negara penghasil vaksin Covid-19. Jerman memproduksi Vaksin Pfizer merupakan merupakan vaksin Covid-19 berbasis mRNA (messenger RNA) yang diproduksi perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech, dengan perusahaan farmasi Amerika Serikat, Pfizer.



Pfizer-BioNTech merupakan vaksin tipe messenger RNA (mRNA) atau vaksin asam nuklea. Vaksin ini menggunakan materi genetik, yaitu protein spike dari Covid-19, yang dimanfaatkan untuk memberikan instruksi kepada sel tubuh kita agar membentuk antibodi.

Vaksin Pfizer-BioNTech memiliki efikasi sekitar 95% dan telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari World Health Organization (WHO). Pendistribusian dan penggunaan vaksin ini pertama kali didistribusikan ke Inggris, Australia, Amerika Serikat, Israel, Arab Saudi, Korea Selatan, Filipina, Singapura, dan Malaysia.

2. Amerika Serikat

Negara penghasil vaksin Covid-19 berikutnya adalah Amerika Serikat, yakni vaksin Covid-19 Moderna. Vaksin ini diproduksi perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, Moderna. Sama halnya dengan vaksin Pfizer-BioNTech, vaksin ini merupakan tipe messenger RNA (mRNA) yang menggunakan materi genetik untuk menstimulus sel tubuh agar membentuk antibodi.

Efikasi dari vaksin Moderna sekitar 95% dan telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari United State Food and Drug Administration (FDA). Pendistribusian dan penggunaan vaksin ini lebih banyak dilakukan di negara asalnya, Amerika Serikat. Negara lain yang menggunakan vaksin ini di antaranya Inggris, Israel, dan Singapura.

3. Inggris
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2746 seconds (0.1#10.140)