Ini yang Bikin Negara di ASIA Telat Menerima Vaksin Covid-19

Selasa, 09 Maret 2021 - 22:04 WIB
loading...
Ini yang Bikin Negara di ASIA Telat Menerima Vaksin Covid-19
ilustrasi Vaksin virus corona. FOTO/ Ist
A A A
NEW YORK - Setahun sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan pandemi Covid-19, sudah ada 10 jenis vaksin berbeda yang disetujui untuk digunakan di berbagai negara di dunia.

Namun, vaksin hanya efektif jika semua orang di dunia menerima suntikan. Sebagian besar negara utara di peta global akan menerima vaksin secara luas pada akhir tahun ini, sementara negara berpenghasilan menengah dan rendah mungkin tidak menerima akses ke vaksin hingga tahun 2024.

Seperti dilansir dari agency, sebagian besar negara Asia belum memulai program vaksinasi untuk populasinya, kemungkinan besar karena kemampuan produksi vaksin yang terbatas, tantangan logistik, serta penundaan peraturan.

Baca juga: Suhu Udara Meningkat, Bumi Terancam Kemarau Panjang

Faktanya, faktor tersebut didorong oleh keterlambatan peluncuran program vaksinasi yang mengancam keberhasilan awal dalam menekan penyebaran epidemi.

Sementara itu, sudah ada upaya untuk meningkatkan akses vaksin Covid-19 di seluruh Asia, dua di antaranya perlu mendapat perhatian khusus.

Yang pertama adalah COVAX yang merupakan kemitraan bersama antara WHO, Global Vaccine Alliance (GAVI) dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovation (CEPI).

Tujuannya untuk mengembangkan, membeli, dan memasok vaksin Covid-19 untuk akses yang setara, dengan target vaksin 1,8 miliar orang atau setara dengan 20 persen populasi di negara-negara berpenghasilan rendah.

Berdasarkan rencana tersebut, negara-negara Asia Tenggara harus menerima 695 juta dosis vaksin pada akhir tahun ini, yang mencakup setengah dari populasi di kawasan itu.

COVAX mewakili kerja sama global untuk menentang kepemilikan vaksin di negara tertentu dan memperluas ketersediaan vaksin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)