Kejar AS, China Fokus Kemandirian Ilmiah dan Teknologi

Jum'at, 12 Maret 2021 - 05:45 WIB
Tapi Huang Futao, seorang peneliti pendidikan tinggi di Universitas Hiroshima di Jepang, khawatir karena negara-negara Barat memberlakukan pembatasan yang lebih besar dari biasanya pada kolaborasi ilmiah dengan peneliti China di bidang penelitian yang sensitif, akan menjadi lebih sulit bagi peneliti untuk bekerja sama.

Dorongan bersama China untuk kemandirian dan kolaborasi industri akan berarti bahwa ilmu pengetahuan dasar akan semakin diarahkan ke bidang yang penting bagi masyarakat. Area fokus sekarang termasuk ilmu otak, kecerdasan buatan, informasi kuantum, genomik, kedokteran klinis, dan eksplorasi luar angkasa dan laut dalam. "Rencana tersebut berusaha untuk menciptakan kekuatan penelitian strategis bagi bangsa," tambah Yang.

Sebagai bagian dari upaya untuk mempererat hubungan antara penelitian dan industri, akan ada insentif bagi sektor swasta untuk berinvestasi lebih banyak dalam ilmu pengetahuan dasar melalui pemotongan pajak.

Pergeseran ke hubungan yang lebih dekat dengan industri ini merupakan perubahan bagi China, kata Huang. “Dibandingkan dengan banyak negara Barat, China memiliki sejarah kolaborasi yang sangat singkat antara akademisi, industri dan bisnis, karena semua bisnis pada awalnya dikendalikan oleh pemerintah pusat,” paparnya.

Para peneliti menyatkakan, penekanan rencana lima tahun pada kolaborasi industri sejalan dengan upaya selama beberapa tahun terakhir untuk menerjemahkan penelitian dasar menjadi sains dengan aplikasi dunia nyata. "Misalnya, pada Desember 2019, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial China menerbitkan aturan yang memungkinkan peneliti mengambil cuti panjang hingga enam tahun untuk bergabung dengan industri atau membuat perusahaan rintisan sendiri," kata Zhang.

Peneliti yang mengejar peluang ini terus menerima gaji dan tunjangan lainnya. Sedangkan hasil penelitian mereka selama ini diakui dalam evaluasi dan promosi akademik.

Untuk memfasilitasi peralihan ke industri, China juga mencoba mengurangi penekanan pada peneliti yang menerbitkan makalah dalam jumlah besar. Mereka menemukan cara baru untuk mengevaluasi makalah tersebut berdasarkan dampak pekerjaan mereka. "Fokusnya adalah menyelesaikan sesuatu," imbuh Zhang.

Nature.com menyebutkan, menurut rencana lima tahun, China bermaksud meningkatkan pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan (R&D) lebih dari 7% setiap tahun.

Perdana Menteri China mengatakan pengeluaran pemerintah pusat untuk penelitian dasar juga akan meningkat 10,6% pada 2021. Ini lebih tinggi dari rata-rata peningkatan tahunan selama lima tahun terakhir.

Rencana tersebut juga mengusulkan untuk meningkatkan keseluruhan bagian penelitian dasar dalam pengeluaran litbang dari 6% menjadi lebih dari 8%. Meskipun peningkatan itu disambut baik, itu masih hanya separuh dari proporsi belanja litbang di banyak negara. AS, misalnya, saat ini menghabiskan sekitar 17% dari dana R&D untuk penelitian dasar.