Ajaib, Siput Laut Ini Bisa Memenggal Kepalanya dan Menumbuhkan Tubuh Baru

Sabtu, 13 Maret 2021 - 11:08 WIB
loading...
A A A
"Tubuh yang lama terus bergerak dan hidup selama berhari-hari hingga berbulan-bulan," kata Mitoh. "Anda bisa melihat jantung berdetak" di dalam mereka, tambahnya. Namun, tubuh yang dipenggal itu tampaknya tidak mampu menumbuhkan kepala baru sendiri.

Bagaimana tepatnya siput meregenerasi tubuh mereka dari kepala ke bawah masih belum diketahui, tetapi para peneliti menduga sel punca - sel khusus yang tidak berdiferensiasi yang memiliki potensi untuk diubah menjadi semua jenis sel - memainkan peran penting.

Para ilmuwan juga tidak yakin bagaimana siput laut memotong kepala mereka dari tubuh mereka pada awalnya atau mengapa mereka menginginkannya, terutama ketika tidak ada alasan yang terlihat untuk membuang tubuh lama mereka dan memulai lagi.

Sebuah teori mengatakan bahwa siput melakukannya untuk menghilangkan parasit internal yang telah menginfeksi tubuh lamanya. Namun, cara itu mungkin juga dilakukan untuk bertahan dari serangan predator dengan mengorbankan tubuh mereka dan melarikan diri sebagai kepala otonom. (Baca juga: Asteroid Besar Melintasi Bumi Tanggal 21 Maret, NASA: Aman Kok)

Namun, para peneliti menemukan bahwa hanya siput yang lebih muda yang mampu melakukan otonomi dan regenerasi. Ketika kepala siput yang lebih tua dihilangkan, kepalanya bertahan hingga 10 hari tetapi mereka tidak pernah mulai makan dan tidak mulai beregenerasi sebelum mati.

Diketahui kalau sakoglossan memiliki senjata rahasia, yaitu mampu melakukan kleptoplasti, atau kemampuan untuk mencuri kloroplas - bagian sel yang memungkinkan tumbuhan mengubah sinar matahari menjadi energi melalui fotosintesis - dari ganggang yang mereka makan dan gunakan dalam prosesnya. memiliki jaringan sendiri. Ini memungkinkan siput untuk berfotosintesis, yang memberi mereka cukup energi untuk memulai proses regenerasi.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0788 seconds (0.1#10.140)