Ajaib, Siput Laut Ini Bisa Memenggal Kepalanya dan Menumbuhkan Tubuh Baru

Sabtu, 13 Maret 2021 - 11:08 WIB
loading...
Ajaib, Siput Laut Ini Bisa Memenggal Kepalanya dan Menumbuhkan Tubuh Baru
Tubuh dan kepala siput laut sehari setelah memisahkan diri dari tubuhnya. Foto/Sayaka Mitoh
A A A
TOKYO - Para ilmuwan Jepang baru-baru ini menemukan peristiwa tak biasa dari seekor siput laut yang berada di laboratoriumnya. Kepala siput laut tersebut memisahkan diri dari badannya dan menumbuhkan badan baru dalam tiga minggu.

Bisa dibilang, siput laut ini adalah satu-satunya hewan yang bisa menumbuhkan tubuh baru secara mandiri. Sebelumnya, sudah umum jika hewan menumbuhkan ekor yang terputus seperti cicak atau kadal. (Baca: Gali Inti Terdalam Bumi, Ilmuwan Ungkap Misteri Tak Terduga)

Tetapi siput laut ini, yang termasuk dalam kelompok yang disebut sacoglossans, dapat membawanya ke tingkat berikutnya dengan menumbuhkan kembali tubuh yang sama sekali baru. Bahkan siput laut ini bisa melepaskan kepalanya dari tubuh yang lama secara mandiri.

Kepala siput itu dapat bertahan hidup secara mandiri selama berminggu-minggu, sebagian berkat kemampuannya yang tidak biasa untuk berfotosintesis seperti tanaman yang mereka ambil dari ganggang yang mereka makan. Ajaibnya juga, tubuh asli yang dipenggal juga bisa terus hidup berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan tanpa kepala mereka.

"Kami percaya bahwa ini adalah bentuk paling ekstrim dari otonomi dan regenerasi di alam," kata penulis utama Sayaka Mitoh, seorang mahasiswa doktoral di Universitas Wanita Nara di Jepang, kepada Live Science .

Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa spesies siput laut sacoglossan lain (Elysia atroviridis) juga mengalami regenerasi jenis ini dan bahkan seekor siput mampu melakukan cara ini lebih dari sekali. (Baca juga: Perubahan Iklim, Musim Panas Akan Panjang Jadi 6 Bulan Pada Tahun 2100)

Mitoh pertama kali menemukan perilaku aneh ini secara tidak sengaja ketika dia melihat kepala siput laut sakoglossan yang terlepas (Elysia cf. marginata) mengelilingi tubuhnya yang terlepas di dalam tangki di Yusa Lab di Nara Women's University pada tahun 2018.

"Suatu hari, saya menemukan seorang Elysia cf. marginata dengan kepala dan tubuhnya terpisah. Kupikir siput malang itu akan segera mati," kata Mitoh. Namun alih-alih mati, luka di belakang kepala siput itu dengan cepat sembuh dan digantikan oleh tubuh yang benar-benar baru.

"Setelah beberapa hari, kepala mulai meregenerasi tubuh dan saya bisa melihat detak jantung. Sungguh luar biasa. Saya sangat senang dan lega ketika saya menemukannya bisa meregenerasi tubuh," kata Mitoh kepada Live Science.

Setelah sekitar tiga minggu, siput telah menumbuhkan 80% dari tubuhnya yang semula hilang, termasuk semua organ vital yang telah lama tidak dapat ia jalani. Tubuh siput yang baru adalah replika sempurna dari aslinya, yang menurut para peneliti juga cukup baik dengan sendirinya. (Baca juga: Bumi Makin Sekarat, Sampah Masker Capai 3 Juta Per Menit)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)