Pembalikan Kutub Magnet Bumi Picu Kematian Manusia Purba Neanderthal

Selasa, 16 Maret 2021 - 10:10 WIB
Pembalikan Kutub Magnet Bumi Picu Kematian Manusia Purba Neanderthal
Penulis penelitian percaya pembalikan kutub magnit Bumi mendorong manusia purba ke jurang kematian. Foto/Slash Gear
JAKARTA - Bumi kuno adalah tempat yang jauh lebih tidak bersahabat daripada sekarang. Sekitar 42.000 tahun lalu, Bumi mengalami pembalikan kutub magnet . Baca juga: Jadi Penyakit Mematikan, Ternyata Malaria Sudah Ada Sejak Zaman Purba

Ilmuwan telah mengetahui bahwa kutub magnet bumi terbalik sejak akhir 1960-an. Kutub magnet tidak statis dan kutub tersebut dihasilkan oleh arus listrik dari inti luar planet yang terus bergerak.

Laman Slash Gear menginformasikan, pembalikan tiang terakhir diyakini tidak memiliki dampak lingkungan yang besar. Medan magnet semakin melemah dan memungkinkan lebih banyak sinar kosmik mencapai permukaan planet. Meskipun dimandikan lebih banyak sinar kosmik, kehidupan tumbuhan dan hewan diyakini tidak terpengaruh secara signifikan.

Tetapi sebuah studi baru menemukan bahwa kenaikan kosmik tambahan mungkin telah menguras konsentrasi ozon. Hal itu memungkinkan lebih banyak radiasi ultraviolet melalui atmosfer.

Para peneliti percaya hal itu berkontribusi pada perubahan pola cuaca yang mungkin telah memperluas lapisan es di Amerika Utara sambil mengeringkan Australia. Ini bisa saja memicu kepunahan banyak spesies besar di planet ini.

Penulis penelitian juga percaya badai Matahari bisa mendorong manusia purba ke gua-gua untuk berlindung. Menurut penelitian tersebut, persaingan untuk sumber daya antara spesies yang tersisa bisa menjadi alasan manusia purba Neanderthal punah.

Sejauh ini, para ilmuwan belum dapat mencapai konsensus tentang apa yang menyebabkan kepunahan Neanderthal. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan kepunahan terjadi secara alami karena perkawinan sedarah dengan manusia modern.

Yang lain percaya bahwa Neanderthal bisa saja kalah bersaing untuk mendapatkan sumber daya karena jumlah manusia modern mulai meningkat. Para peneliti dalam studi baru ini percaya bahwa bukan kebetulan Neanderthal punah secara langsung setelah pergeseran besar kutub magnet planet.

Para peneliti beralih ke pohon kauri kuno yang hidup pada zaman Neanderthal, mencari catatan tingkat radiokarbon di cincinnya. Cincin tersebut menunjukkan bukti peningkatan radiokarbon ketika medan magnet membalik, yang dikenal sebagai ekskursi Laschamps.

Tim percaya bahwa peristiwa itu bisa berkontribusi pada "jatuhnya" Neanderthal. Tetapi mereka mengakui sulit untuk mengetahui secara pasti kapan mereka mati.