Penjelasan Kenapa Satu Sisi Bumi Lebih Cepat Dingin Dibandingkan Sisi Lainnya

Rabu, 17 Maret 2021 - 22:09 WIB
loading...
Penjelasan Kenapa Satu Sisi Bumi Lebih Cepat Dingin Dibandingkan Sisi Lainnya
Penelitian mengungkap Bumi di satu sisi lebih cepat digin dibandingkan sisi lainnya. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan dari Universitas Oslo mengungkap bahwa satu sisi Bumi kehilangan panas jauh lebih cepat daripada sisi lainnya. Baca juga: Edan, Setelah Bumi Dijarah Habis-habisan, AS Incar Bulan untuk Usaha Tambang

Penelitian yang diterbitkan dalam Geophysical Research Letters, menggunakan model komputer dari 400 juta tahun terakhir untuk menghitung seberapa "terisolasi" setiap belahan Bumi oleh massa benua. Ini kunci yang menahan panas di dalam alih-alih melepaskannya.

Bumi memiliki interior cairan panas berwarna merah yang menghangatkan seluruh planet dari dalam. Ia juga berputar, menghasilkan gravitasi dan medan magnet bumi. Ini menahan atmosfer pelindung kita di dekat permukaan Bumi.

Dalam jangka waktu yang sangat lama, interior ini akan terus mendingin hingga Bumi menjadi seperti Mars. Kejutan dalam studi baru tersebut adalah betapa panasnya menghilang secara tidak merata, tetapi alasannya masuk akal. Yakni, bagian-bagian Bumi telah diisolasi oleh lebih banyak daratan, menciptakan lapisan Termos yang memerangkap panas.

Ini kontras dengan bagaimana Bumi kehilangan sebagian besar panasnya. "Evolusi termal Bumi sebagian besar dikendalikan oleh laju kehilangan panas melalui litosfer samudera," tulis penulis penelitian, seperti dikutip dari laman Popular Mechanics.

Mantel bumi seperti oven konveksi yang menggerakkan treadmill. Setiap hari, permukaan dasar laut bergerak sedikit; dasar laut baru lahir dari magma yang meletus di belahan benua, sedangkan dasar laut lama hancur dan meleleh di bawah daratan benua yang ada.

Untuk mempelajari perilaku panas interior Bumi, para ilmuwan membuat model yang membagi Bumi menjadi belahan Afrika dan Pasifik. Kemudian membagi seluruh permukaan Bumi menjadi kisi-kisi dengan lintang dan bujur setengah derajat.

Para ilmuwan menggabungkan beberapa model sebelumnya untuk hal-hal seperti usia dasar laut dan posisi benua selama 400 juta tahun terakhir. Kemudian, tim menghitung berapa banyak panas yang dikandung setiap sel grid selama umur panjangnya. Ini membuka jalan untuk menghitung laju pendinginan secara keseluruhan, di mana para peneliti menemukan sisi Pasifik telah mendingin lebih cepat.

Dasar laut jauh lebih tipis daripada daratan besar, dan suhu dari dalam Bumi "dipadamkan" oleh volume air dingin yang sangat besar di atasnya. Bayangkan Samudera Pasifik yang sangat besar dibandingkan dengan daratan Afrika, Eropa, dan Asia di sisi berlawanan —masuk akal jika panas menghilang lebih cepat dari dasar laut terbesar di dunia.

Penelitian sebelumnya tentang efek dasar laut ini hanya berlangsung selama 230 juta tahun, yang berarti model baru, yang berusia 400 juta tahun, hampir menggandakan jangka waktu yang dipelajari.

Ada kontradiksi yang mengejutkan dalam temuan tersebut. Belahan Bumi Pasifik telah mendingin sekitar 50 Kelvin lebih banyak daripada belahan Bumi Afrika, tetapi "kecepatan lempeng yang secara konsisten lebih tinggi dari belahan Bumi Pasifik selama 400 juta tahun terakhir" menunjukkan bahwa Pasifik jauh lebih panas pada saat tertentu.

Apakah itu tertutup oleh daratan pada suatu titik di masa lalu, menjaga lebih banyak panas di dalam? Ada penjelasan lain yang mungkin, tetapi bagaimanapun juga, aktivitas tektonik tinggi Pasifik hari ini menunjukkan disparitas panas. Semakin meleleh mantelnya, semakin banyak pelat yang bisa digeser dan dibanting bersamaan.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)