Punya Kandungan Mineral Berharga, Inilah Dua Teori Terbentuknya Emas

Jum'at, 19 Maret 2021 - 19:02 WIB
loading...
Punya Kandungan Mineral Berharga, Inilah Dua Teori Terbentuknya Emas
ilustrasi pengelolaan biji emas. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Heboh pertemuan gunung emas di Kongo membuat banyak gimana emas bisa terbentu di bumi. Para ilmuwan geologi berpendapat Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan.

Beberapa endapan terbentuk karena proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal, sedangkan pengkonsentrasian secara mekanis menghasilkan endapan letakan (placer). Genesa emas dikatagorikan menjadi dua yaitu:

* endapan primer
* endapan plaser.

Namun selain teori di atas, Puluhan tahun ilmuwan melakukan riset tentang asal usul emas. Kemudian asal muasal emas diungkap dalam konferensi pers di Harvard Smithsonian Center for Astrophysics (CfA) yang digelar pada 2013 lalu.

Dalam konferensi tersebut dikatakan bahwa emas berasal dari peristiwa tumbukan antar dua bintang neutron yang melepaskan unsur-unsur berat. Dari peristiwa tersebut, emas dikirim ke bumi lewat meteor atau asteroid.

Hasil pengamatan yang dilakukan bahwa terjadi ledakan sinar gamma yang disebut GRB 13060GB pada jarak 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Ledakan sinar gamma tersebut berlangsung sangat cepat. Ledakan meninggalkan kilauan yang didominasi oleh cahaya inframerah.

Astronom mengatakan bahwa kilauan seperti dalam kasus ini hanya bisa dihasilkan apabila ledakan sinar gamma berasal dari tumbukan bintang neutron.

Astronom lalu mengalkulasi jumlah emas yang dapat dihasilkan oleh sekali ledakan sinar kosmos dari tumbukan bintang neutron. Peristiwa tumbukan bintang neutron terjadi sejak zaman ledakan Big Bang berkisar 13,8 miliar tahun lalu.

Sejumlah besar tercipta dalam tabrakan bintang dan dipompa keluar alam semesta. Bintang emas, platinum, uranium dan elemen berat lainnya neutron memiliki massa yang sangat berat. Astronom menyimpulkan bahwa ledakan sinar gamma dari tumbukan bintang neutron adalah sumber utama emas di semesta.

Lepas dari itu semua, Emas diperdagangkan dalam bentuk koin emas, seperti krugerrand yang diproduksi oleh south african mint company dalam berbagai satuan berat. Satuan berat krugerrand yang umum ditemui adalah 1/10 oz (ounce), 1/4 oz, 1/2 oz dan 1 oz. Harga koin krugerrand didasarkan pada pergerakan harga emas di pasar komoditas dunia yang bergerak terus sepanjang masa perdagangan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6990 seconds (0.1#10.140)