Juni, Vaksin COVID-19 Dalam Bentuk Pil Akan Mulai Uji Klinis

Selasa, 23 Maret 2021 - 15:48 WIB
loading...
Juni, Vaksin COVID-19 Dalam Bentuk Pil Akan Mulai Uji Klinis
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Di tengah vaksinasi yang dilakukan sejumlah negara, sebuah perusahaan sedang mengembangkan vaksin corona dalam bentuk pil. Tahun ini rencananya vaksin corona dalam bentuk pil tersebut akan melakukan uji klinis.

Perusahaan produsen vaksin tersebut Oravax, mengumumkan bahwa mereka akan memulai uji klinis tahap pertama pada manusia pada bulan Juni 2021 mendatang. Langkah tersebut hanyalah tahap paling awal dari pengembangan vaksin. (Baca: Pemerintah Mengembangkan Obat dan Terapi untuk Pasien Covid-19)

Tidak ada jaminan keberhasilan dalam uji coba klinis mendatang. Meskipun berhasil, mungkin perlu waktu satu tahun atau lebih sebelum diizinkan untuk digunakan. (Moderna dan Pfizer memulai uji coba manusia pertama mereka masing-masing pada bulan Maret dan Mei 2020).

Vaksin oral adalah salah satu pilihan yang sedang dinilai untuk vaksin generasi kedua yang dirancang agar lebih mudah diberikan dan lebih sederhana untuk didistribusikan. Oravax adalah usaha patungan perusahaan Israel-Amerika Oramed dan perusahaan India Premas Biotech.

"Vaksin oral memungkinkan orang untuk menggunakannya sendiri vaksin itu di rumah," kata Nadav Kidron, CEO Oramed dalam rilisnya seperti dikutip Science Alert . (Baca juga: Di Bawah Permukaan Planet Mars Diperkirakan Terdapat Kehidupan)

Kidron mengatakan, vaksin COVID-19 ini dapat dikirim dalam lemari es normal dan disimpan pada suhu kamar. "Ini membuatnya lebih mudah secara logistik untuk mendapatkannya di mana pun di seluruh dunia," katanya.

Dalam email ke Insider, Prof Paul Hunter dari University of East Anglia, menyampaikan catatan kehati-hatiannya. "Kami membutuhkan studi yang benar untuk membuktikan manfaat [vaksin oral]," katanya. Kendati begitu, vaksin oral ini mungkin bisa diterima bagi orang yang fobia terhadap jarum suntik.

"Hasil penelitian pada hewan mungkin menggembirakan tapi jangan berasumsi bahwa hasil pada hewan bisa langsung diterjemahkan baik pula untuk manusia. Untuk itu kami membutuhkan uji klinis pada manusia untuk memastikannya," katanya. (Baca juga: Selangkah Lagi, Misteri Asal-Usul Kehidupan di Bumi Akan Terungkap)

Jenis lain dari vaksin generasi kedua yang sedang dilakukan penelitian adalah dengan inhaler. Ilmuwan juga mempelajari apakah vaksin dapat dikirimkan melalui tambalan.

Sejauh ini, satu-satunya tes vaksin COVID-19 oral yang dilakukan pada manusia belum berhasil. Pada akhir tahun 2020, sebuah perusahaan bernama Vaxart mengumumkan hasil yang baik pada uji coba pada hewan, namun pada uji coba manusia yang pertama hasilnya mengecewakan.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)