Ilmuwan Temukan Bakteri Laut yang Tak Terdeteksi Sistem Kekebalan Manusia

Minggu, 28 Maret 2021 - 21:15 WIB
Ilmuwan Temukan Bakteri Laut yang Tak Terdeteksi Sistem Kekebalan Manusia
Sel manusia dan tikus hanya mengenali 20% spesies bakteri yang ditemukan bermil-mil di bawah permukaan Samudera Pasifik. Para peneliti di atas R/V Falkor di Kepulauan Phoenix. Foto/Schmidt Ocean Institute/Live Science
JAKARTA - Bakteri yang belum pernah ada di Bumi baru saja ditemukan oleh para peneliti dan bahayanya, ini tidak bisa dideteksi oleh sistem kekebalan tubuh manusia .

Laman Live Science melaporkan, bakteri yang ditemukan berada lebih dari satu mil di bawah permukaan Samudera Pasifik mendobrak dunia sains kesehatan. Bakteri ini mungkin baru saja melenyapkan salah satu asumsi paling lama yang dipegang oleh imunologi.

Bakteri itu dikabarkan sangat asing bagi manusia. Dampaknya, sel-sel kekebalan kita tidak mencatat keberadaannya sehingga membuatnya sama sekali tidak terdeteksi oleh sistem kekebalan tubuh manusia.

Ini benar-benar bertentangan dengan salah satu prinsip klasik imunologi -bahwa sistem kekebalan manusia berevolusi untuk dapat mendeteksi setiap mikroba sehingga dapat menangkap mikroba yang menular.

"Idenya adalah bahwa sistem kekebalan adalah generalis, tidak peduli apakah sesuatu itu ancaman atau tidak, itu hanya menghilangkannya. Tapi tidak ada yang benar-benar menekan asumsi itu sampai sekarang," ungkap Jonathan Kagan, seorang ahli imunologi di Rumah Sakit Anak Boston kepada Live Science.

Untuk mengujinya, salah satu pemimpin studi ini, menjelaskan, para peneliti harus menemukan bakteri yang tidak mungkin pernah melakukan kontak sebelumnya dengan sistem kekebalan mamalia. Mereka memilih tempat yang jauh di tengah Samudera Pasifik, di Kawasan Lindung Kepulauan Phoenix di Kiribati, 1.650 mil barat daya Hawai.

"Ini bukan hanya lautan dalam, tetapi bagian laut yang paling dalam, kuno, terpencil dan terlindungi," kata rekan penulis studi, Randi Rotjan, ahli ekologi kelautan Universitas Boston.

"Kedalamannya 4.000 meter, tidak ada mamalia yang menetap, dan itu di ruang Khatulistiwa di mana bahkan tidak akan ada paus," kata Rotjan, mengacu pada fakta bahwa paus cenderung berkembang biak di satu belahan Bumi dan memberi makan di belahan Bumi lainnya, sehingga mereka hanya akan melintasi ekuator saat bermigrasi.

"Ini adalah tempat yang baik untuk menemukan secara masuk akal bakteri yang sama sekali berbeda dari bakteri yang berinteraksi dengan kita di darat," tandasnya

Sesampai di sana, para peneliti menggunakan kapal selam jarak jauh untuk mengumpulkan bakteri laut dari sampel air, spons, bintang laut, dan sedimen, sebelum menumbuhkannya menjadi 117 spesies yang dapat dibudidayakan. Setelah mengidentifikasi ciri-ciri bakteri mereka, para peneliti memperkenalkan 50 strain ke tikus dan sel kekebalan manusia.