Tidak Lulus Sekolah, Inilah Penemu Pertama Virus Corona 1964

Sabtu, 18 April 2020 - 17:51 WIB
loading...
A A A
Pada titik inilah June mengidentifikasi apa yang kemudian dikenal sebagai virus corona manusia pertama, yang dinamai demikian karena ‘halo’ atau ‘mahkota’ yang dapat dideteksi dalam gambar virus.

June menyadari bahwa dia dapat menggunakan antibodi yang diambil dari orang yang sebelumnya terinfeksi untuk menentukan virus. Antibodi tertarik pada antigen-rekannya - jadi ketika June memperkenalkan partikel-partikel kecil yang dilapisi antibodi, mereka akan berkumpul di sekitar virus, mengingatkannya akan keberadaannya. Teknik ini memungkinkan dokter untuk menggunakan mikroskop elektron sebagai cara untuk mendiagnosis infeksi virus pada pasien.

June dilaporkan telah melihat partikel-partikel seperti itu sebelumnya dalam pekerjaannya mencari hepatitis tikus dan bronkitis ayam yang menular.

Menurut Winter, makalah June tentang temuan B814-nya pada awalnya ditolak oleh jurnal peer-review ‘karena pemberi keputusan mengatakan gambar yang dia hasilkan hanyalah gambar buruk partikel virus influenza’.

Penemuan baru yang penting ini akhirnya ditulis dalam British Medical Journal pada tahun 1965, dengan gambar June diterbitkan dua tahun kemudian dalam Journal of General Virology.

June pensiun dari virologi pada tahun 1985 tetapi tetap aktif dan ingin tahu. Dia menjadi instruktur yoga, belajar cara mengembalikan barang-barang porselen yang bagus, dan mengembangkan mata yang tajam untuk barang-barang antik, yang sering diburunya bersama suami keduanya Phillip Gardner, juga seorang pensiunan virol.

June meninggal pada tahun 2007 pada usia 77 tahun. Setelah wabah tersebut, telah terjadi pencurahan minat baru dan penghargaan atas karya perintisnya.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)