Minggu, 11 April 2021 - 18:02 WIB
5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara
Situs Gunung Padang yang diperkirakan bangunan piramida yang lebih tua dari Piramida Mesir. Foto/dok
JAKARTA - Indonesia merupakan negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Banyak misteri yang terkandung di alam yang kaya akan sumber daya ini.

Tidak dapat dipungkiri jika Indonesia menjadi kawasan penting dalam pengungkapan sejarah dunia. Mulai penemuan manusia purba dengan ukuran tubuh kecil hingga penemuan situs gunung Padang yang disebut-sebut merupakan Piramida tertua, bahkan lebih tua dari Piramida di Mesir.

1. Manusia Purba Flores

5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara

(Fosil Homo Floresiensis dibanding dengan fosil homo sapiens)

Homo floresiensis adalah nama yang diberikan oleh kelompok peneliti untuk spesies dari genus Homo , yang memiliki tubuh dan volume otak kecil. Pertama kali fosil manusia purba ini ditemukan di Liang Bua, Pulau Flores, pada tahun 2002.

Ukuran tubuh manusia purba yang ditemukan ini memiliki tinggi hanya 106 centimeter dengan volume otak yang kecil. Para arkeolog sudah mengkonfirmasi kalau fosil itu bukan fosil anak kecil sehingga mereka memberi nama fosil itu sebagai Homo floresiensis.

2. Kapal Ourang Medan

5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara

Pada Juni 1947, kapal Silver Star dan City of Baltimore yang berlayar secara terpisah di Selat Malaka mendapat sinyal darurat dari kapal dagang Belanda bernama Ourang Medan.

Dalam pesan itu, operator Kapal Ourang Medan mengirim kode morse berisi: "Semua awak kapal termasuk kapten terbaring sekarat. Mungkin semua sudah meninggal. Aku mati," tulis operator tidak dikenal tersebut seperti dikutip dari Daily Mail.

Saat ditemukan, tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Seluruh awak kapal, penumpang hingga hewan mati dengan ekspresi wajah ketakutan dengan mata terbelalak.

Belum sempat dievakuasi, tiba-tiba kapal meledak dan terbakar. Tak lama kemudian kapal tersebut karam di Selat Malaka.

Hingga kini misteri kapal Ourang Medan dan meninggalnya seluruh awak kapal belum diketahui meski penelitian dan investigasi para jurnalis terus dilakukan pada waktu itu.
halaman ke-1