Fakta Tes GeNose di Bandara, Sudah Tersedia Dimana Saja dan Harganya

Rabu, 14 April 2021 - 15:37 WIB
loading...
Fakta Tes GeNose di Bandara, Sudah Tersedia Dimana Saja dan Harganya
Ilustrasi Penanganan virus Covid-19 oleh tim ahli. FOTO/ IST
JAKARTA - Sejak 1 April lalu alat pendeteksi Covid-19, GeNose, mulai digunakan di bandara sebagai salah satu syarat perjalanan bagi penumpang pesawat.

GeNose sendiri merupakan karya anak bangsa yang memiliki biaya relatif lebih murah dibanding dengan tes PCR atau Rapid. Alat ini merupakan alat screening dengan metode hembusan napas. BACA JUGA - Rekaman Percakapan Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Berdurasi 2 Jam

Lalu di bandara mana saja GeNose bisa digunakan dan berapa harganya?

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/4/2021) berikut ini fakta GeNose yang kini sudah tersedia di bandara

1. Baru tersedia di beberapa bandara



Pada tahap awal hanya ada 4 bandara yang melayani tes GeNose covid-19. Dan secara bertahap tersedia di beberapa bandara lainnya

Dua bandara awal yang melayani GeNose dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) alias AP I, yakni Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Kulon Progo.

Sedangkan untuk bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II, GeNose terdapat Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Sementara baru-baru ini beberapa bandara mulai menyediakan layanan tes GeNose.

Salah satunya di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam resmi mengantongi izin Pelaksanaan tes Covid-19 yang berlaku per Kamis (8/4).



Di hari berikutnya, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali juga akhirnya resmi menyediakan layanan GeNose C19 per Jumat (9/4).

Dilanjutkan pada Senin (12/4) Bandara Sultan Thaha Jambi juga mulai memberlakukan penggunaan GeNose C19 ke setiap penumpang pesawat.

Pada hari yang sama Bandara Internasional H.AS. Hanandjoeddin Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga membuka layanan tes GeNose bagi calon penumpang.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA