Penerapan Teknologi Digitalisasi Candi Borobudur Perlu Riset yang Mendalam

Rabu, 21 April 2021 - 18:01 WIB
loading...
Penerapan Teknologi Digitalisasi Candi Borobudur Perlu Riset yang Mendalam
Candi Borobudur di Jawa Tengah. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
MAGELANG - Kegiatan riset dan pengelolaan warisan budaya Candi Borobudur secara digital masih terbatas, sehingga diperlukan kajian atau pelatihan yang lebih mendalam dalam hal pemanfaatan teknologi digital untuk memperluas interpretasi kajian warisan budaya, pengembangan konsep penelitian, dan model pengelolaan warisan budaya.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Kewilayahan telah bekerjasama dengan Art Research Center, Universitas Ritsumeikan Kyoto, dan Balai Konservasi Borobudur (BKB) mengembangkan kajian pengembangan humaniora digital. Ekspose dan sosialisasi hasil penelitian kerjasama tahap pertama akan disajikan dalam webinar dengan judul “Digitalisasi dan Visualisasi 3D Candi Borobudur” pada Kamis, 22 April 2021


Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI, Tri Nuke Pudjiastuti, menyatakan perekaman dan pendataan digital Candi Borobudur adalah salah satu aspek kunci dalam pendekatan digital humanities (humaniora digital). “Hal ini merupakan cara baru pemanfaatan teknologi digital untuk konseptualisasi permasalahan, target, dan inovasi yang terkait dengan riset dan pengelolaan warisan budaya,” papar Nuke.

Menurut Nuke, kerjasama ini memanfaatkan teknologi digital berupa perekaman digital dan visualisasi 3D untuk menggali aspek arkeologis dan sejarah yang selama ini luput dari penelitian yang sudah ada tentang Candi Borobudur. “Pada saat yang sama, kerja sama penelitian ini memanfaatkan teknologi digital tersebut untuk pengembangan konsep arkeologi dan antropologi publik. Konsep tersebut dapat dimanfaatkan untuk memberikan dimensi pendekatan baru dalam relasi antara pengelolaan cagar budaya dengan masyarakat pengguna,” jelasnya.

Di lain sisi, Kepala Pusat Penelitian Kewilayahan LIPI, Ganewati Wuryandari mengungkapkan, di sisi akademis kerja sama penelitian ini menjadi kesempatan yang sangat berharga untuk mengembangkan metode riset digital. “Dalam hal kajian warisan budaya, dapat memanfaatkan teknologi terbaru seperti, kecerdasan buatan atau artificial intelligence, machine learning, dan visualisasi transparan, serta kaitan antara metode riset digital. Konsep yang digunakan adalah analisis sosial untuk melihat perubahan sosial terkait kemajuan teknologi digital dalam pengelolaan warisan budaya,” ungkap Ganewati.

Sementara itu, Fadjar Ibnu Thufail, peneliti Pusat Penelitian Kewilayahan LIPI menjelaskan proses digitalisasi Candi Borobudur pada situasi pandemi baru tercapai sebagian. “Karena cakupan target digitalisasi Candi Borobudur sangat luas, maka proses pemindaian dilakukan melalui beberapa tahap. Sampai akhir 2020, pemindaian telah dilakukan dengan menerapkan teknik fotogrametri jarak-dekat atau close-range photogrammetry dan telah berhasil mencakup 75% dari selasar tingkat pertama candi. Pemotretan fotogrametri akan terus dilakukan sampai mencakup seluruh tingkat bangunan candi,” tegasnya.

Dirinya menyatakan, salah satu capaian penting dalam penelitian tahap pertama tersebut adalah keberhasilan konversi foto cetak Relief Karmawibhangga menjadi model 3D digital. “Relief Karmawibhangga saat ini tertutup oleh kaki candi dan tidak bisa dinikmati publik. Hanya 3 panel yang sengaja dibuka. Tetapi, pada saat dilakukan rekonstruksi candi oleh Belanda pada awal abad ke-20, seluruh panel relief ini telah difoto oleh fotografer Kasijan Chepas. Tim ahli dari Universitas Ritsumeikan Jepang berhasil menciptakan algoritma dengan menggunakan teknologi machine learning untuk mengkonversi foto 2D relief Karmawibhangga menjadi model digital 3D,” terang Fadjar.

Pada tahap penelitian selanjutnya, tim peneliti akan menggabungkan model 3D yang diperoleh dari pemindaian fotogrametri jarak-dekat. “Diharapkan model 3D yang dihasilkan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pelestarian dan penelitian Candi Borobudur , serta mendukung aspek pendidikan publik dan pariwisata,” pungkasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)