Robot Penjelajah Mars Milik China Diberi Nama Zhu Rong, Ini Maknanya

Minggu, 25 April 2021 - 18:03 WIB
loading...
Robot Penjelajah Mars Milik China Diberi Nama Zhu Rong, Ini Maknanya
Penjelajah luar angkasa milik China saat akan memasuki orbit Mars. Foto/CNSA
A A A
CALIFORNIA - Perseverance, robot penjelajah Mars milik NASA akan segera memiliki teman. Pasalnya Badan antariksa China (CNSA) baru saja mengumumkan nama untuk robot penjelajah atau rover buatan mereka.

Rover pertama milik China akan diberi nama Zhu Rong. Robot penjelajah itu berada di atas wahana Tianwen-1 yang tiba di orbit Mars pada 24 Februari.



Nama Zhu Rong diklaim berasal dari dewa perang kepercayaan lokal. Zhu Rong digambarkan memiliki wajah manusia, tubuh hewan buas, dan mengendarai dua naga.

Di kepercayaan tradisional Tiongkok, Zhu Rong adalah dewa api perlambang cahaya yang menyinari dunia.

Nama itu "menandakan menyalakan api eksplorasi planet China," kata wakil administrator CNSA , Wu Yanhua, seperti dikutip dari ABC News, Minggu (25/4/2021).

Kandidat teratas untuk lokasi pendaratan adalah Utopia Planitia, dataran berbatu tempat pendarat A.S. Viking 2 pada tahun 1976.



CNSA mengatakan tujuan Tianwen-1 termasuk menganalisis dan memetakan permukaan Mars dan geologi, mencari es air, serta mempelajari iklim dan lingkungan permukaan.

China akan menjadi negara ketiga setelah bekas Uni Soviet dan Amerika Serikat yang menempatkan robot penjelajah di Mars.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)