LAPAN Keluhkan Kondisi di Area Observatorium di Kupang

Kamis, 20 Mei 2021 - 07:16 WIB
loading...
LAPAN Keluhkan Kondisi di Area Observatorium di Kupang
ilustrasi Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Kepala Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN ) Thomas Djamaluddin, mengatakan, sampai saat ini pembangunan untuk observatorium nasional (obnas) di Gunung Timau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih terus berlangsung.

Kendati demikian, untuk material kubahnya, Thomas mengaku memang belum terpasang karena masih tertahan di Kupang akibat kondisi jalanan yang tidak memadai.



"Pemprov NTT sudah memperbaiki sebagian ruas jalan. KemPUPR saat ini sedang menyelesaikan ruas jalan selebihnya sampai lokasi. Diharapkan sebentar lagi jalan beres," ujar Thomas dalam pesan singkat kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (19/5/2021).

Setelah masalah jalan beres, material kubah akan segera dikirim ke lokasi untuk kemudian dipasang. Selanjutnya teleskop akan dikirim dari Jepang dan dipasang di dalam kubah.

"Semoga semuanya sesuai target," ucapnya.

Sementara, Koordinator Bidang Humas LAPAN, Jasyanto,menyatakan gedung fasilitas teleskop utama tempat observatorium kini sudah hampir jadi, sekitar 90%.

Hingga saat ini, pihaknya sedang mengejar pembangunan teleskop serta gedung fasilitas pendukung lainnya. LAPAN, kata Jasyanto, akan berfokus pada pembangunan fasilitas penelitian observaturium nasional, seperti teleskop.

"LAPAN khususnya terkait dengan fasilitas penelitian obnasnya teleskop dan lain lain. Tapi nanti kedepannya tentu juga ada pembangunan untuk fasilitas umum ya," tuturnya ketika dihubungi terpisah.

Diketahui, LAPAN menargetkan pembangunan obsnas terbesar se Asia Tenggara itu akan rampung pada 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)