Kesaksian Pemotret Cahaya Diduga Meteor di Puncak Gunung Merapi

Sabtu, 29 Mei 2021 - 14:37 WIB
loading...
Kesaksian Pemotret Cahaya Diduga Meteor di Puncak Gunung Merapi
Gunarto Song mengaku mengabadikan foto cahaya yang ada di puncak Gunung Merapi untuk kegiatan fotografi. Foto/Instagram Gunarto_Song.
A A A
YOGYAKARTA - Foto cahaya di puncak Gunung Merapi yang diduga meteor jatuh viral di media sosial. Diketahui foto itu diambil oleh Gunarto Song dan pertama kali ia unggah di akun Instagram miliknya Seperti apa ceritanya?

Dalam sambungan telepon, Sabtu (29/5/2021), ia menceritakan bahwa foto tersebut ia ambil pada 27 Mei 2021 malam pukul 23.07 WIB. Lokasi pengambilan foto berada di Kaliadem, Cangkringan, Yogyakarta. Foto yang dia ambil itu menjadi momen ketidak sengajaan dan suatu keberuntungan.



"Memang pengalaman saya motret kan itu 10 tahun landscape dan itu yang kemungkinan ya meteor. Dan prosesnya dia nongol paling satu detik, paling lama 2 detik. Kalau yang kemarin itu termasuk cepat," ujar pria asal Cilacap itu.

Menurut penuturannya, cahaya yang liat itu seperti satu titik lampu, cukup terang dan cukup dekat. Dan proses jatuhnya dari atas seolah-olah meluncur ke puncak Gunung Merapi.

Kesaksian Pemotret Cahaya Diduga Meteor di Puncak Gunung Merapi


"Awalnya begitu, saya liat itu, saya cuma liat satu detik udah, ilang," ungkapnya.

Suatu kebetulan, saat itu dia juga sudah menekan tombol shutter pada kamera yang sudah diatur selama 4 detik. Kemungkinana saat detik kedua gambar itu berhasil diabadikan.

"Jadi cahaya itu keluar, jatuh prosesnya satu detik lah ya, saya yakin satu detik," tutur Gunarto.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4096 seconds (0.1#10.140)