Fenomena Langka, Gerhana Matahari Cincin Terjadi Pada 10 Juni

Kamis, 03 Juni 2021 - 20:35 WIB
loading...
Fenomena Langka, Gerhana Matahari Cincin Terjadi Pada 10 Juni
Fenomena langka berupa gerhana matahari akan menghiasi langit pada 10 Juni 2021 mendatang. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Fenomena langka gerhana matahari akan menghiasi langit pada 10 Juni 2021 mendatang. Gerhana matahari yang dihasilkan akan menciptakan fenomena cincin api yang indah di langit.

Dilansir Expres.co.uk, gerhana akan muncul di beberapa bagian AS dan Kanada pada Kamis 10 Juni 2021. Gerhana diperkirakan akan dimulai sekitar pukul 05.24 EST ketika Bulan lewat tepat di depan Matahari. Gerhana cincin ini akan mencapai puncaknya sekitar pukul 05.32 EST.



Para astronom memperkirakan seluruh peristiwa ini akan berlangsung lebih dari satu jam dan akan selesai pada pukul 06:30 EST.

Pemandangan gerhana paling baik akan terlihat di sepanjang bentangan sempit Kanada dan Rusia paling utara. Gerhana cincin api ini juga sebagian terlihat di beberapa negara bagian AS.

Menurut Almanak Petani Maine, zona tampilan akan jatuh ke utara dan timur dari garis yang membentang dari Edmonton, Alberta, Kanada, ke Evansville, Indiana, serta dekat Savannah, Georgia, di pantai Atlantik.

Kota-kota seperti Toronto di Kanada dan New York dan Boston di AS masing-masing akan melihat antara 86 hingga 80 persen gerhana Matahari.



Beberapa gerhana parsial juga akan terlihat dari beberapa bagian Eropa, termasuk Inggris, Rusia dan sebagian Asia.

Para astronom di Royal Observatory Greenwich memperkirakan sekitar 25 persen Matahari akan tertutup Bulan di atas Inggris.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)