Astronom Deteksi Komet Raksasa Sepanjang 130 Kilometer Akan Melintas

Rabu, 23 Juni 2021 - 04:03 WIB
Astronom Deteksi Komet Raksasa Sepanjang 130 Kilometer Akan Melintas
Sebuah objek raksasa di luar angkasa sedang berjalan melalui tata surya yang disebut astronom sebagai mega komet. Foto/dok
JAKARTA - Sebuah objek raksasa di luar angkasa sedang meluncur melalui tata surya yang disebut astronom sebagai mega komet . Ukuran komet raksasa ini mencapai panjang 370 kilometer dan berjarak 22 astronomi unit (AU) dari Bumi.

Dilansir Express.co, para astronom telah mengamati mega komet sejak tahun 2018 dan saat ini benda luar angkasa itu sedang menuju awa Oort. Astronom menamai objek tersebut UN271 2014 dan mengkategorikan sebagai objek mengerikan.

Menurut seorang ilmuwan, Sam Deen, jika melihat dari ukurannya yang besar bisa jadi itu komet atau planet kerdil.

Dia menulis dalam sebuah posting di Minor Planet Center: “[Itu] menempatkannya pada skala yang sama, jika tidak lebih besar dari, komet besar Sarabat C/1729 P1, dan hampir tidak diragukan lagi objek Awan Oort terbesar yang pernah ditemukan – hampir di planet kerdil wilayah!"

Berdasarkan analisis, objek tersebut bergerak mendekati Matahari dan kemudian berayun kembali ke Awan Oort atau piringan gas dan debu yang mengelilingi tata surya.

Saat ini, objek tersebut berjarak sekitar 22 unit astronomi (AU) dari Matahari (Satu AU adalah jarak antara Bumi dan Matahari). Namun selama tujuh tahun terakhir, mega komet itu telah melakukan perjalanan sekitar satu AU per tahun.

Menurut perkiraan ilmuwan, mega komet itu akan mencapai sekitar 10,9 AU Matahari pada tahun 2031. Setelah itu, ia akan mulai melakukan perjalanan kembali dari bintang induk kita dan ke kedalaman tata surya.