Hasil Studi : Banyak Mikir Penyebab Gagalnya Tendangan Penalti

Senin, 12 Juli 2021 - 06:52 WIB
loading...
A A A


Sebaliknya pesepakbola yang gagal mengambil tendangan penalti justru memperlihatkan aktivitas otak yang berbeda. Aktivisi yang terjadi di otak justru terlihat besar di bagian prefrontal korteks. Diketahui Prefrontal korteks adalah suatu bagian otak yang spesial pada manusia, yang berfungsi untuk mengatur fungsi eksekutif, yaitu kemampuan merencanakan sesuatu, membuat keputusan, memecahkan masalah, mengontrol diri, mengingat instruksi, menimbang konsekuensi, dan lain-lain.

Kebanyakan berpikir yang dilakukan pesepakbola itu justru tanpa disadari malah mengaktifkan bagian prefrontal korteks yang ada di otak. Alhasil kontrol gerakan jadi teralihkan dan tendangan penalti pun gagal dilakukan dengan baik.

Max Slutter mengatakan teknologi fNIRS akan sangat membantu bagi para pesepakbola dalam memahami kinerja otak mereka saat berada dalam tekanan besar seperti mengambil penalti.Caranya dengan memahami bagaimana otak mereka berperilaku. Mereka berhipotesis bahwa pemain dapat melatih diri mereka sendiri untuk mengaktifkan daerah otak yang bermanfaat dalam situasi tekanan tinggi.

Menariknya, teknik ini juga bisa bermanfaat untuk profesi lain di mana kinerja di bawah tekanan tinggi itu dibutuhkan seperti para dokter yang sering melakukan operasi.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)