Ahli Sebut Penerbangan Luar Angkasa Jeff Bezos Berisiko

Senin, 19 Juli 2021 - 17:25 WIB
loading...
Ahli Sebut Penerbangan Luar Angkasa Jeff Bezos Berisiko
Blue Origin milik Jeff Bezos berencana besok memulai perjalanan tamasya suborbital pertamanya. Foto: dok/Reuters
CALIFORNIA - Rencananya, Selasa, 20 Juli 2021 waktu setempat, perusahaan luar angkasa milik Jeff Bezos, Blue Origin akan melakukan perjalanan luar angkasa dengan pesawat New Shepard Blue Origin.

Namun tampaknya, Bezos harus mengurangi keyakinannya untuk bisa selamat dalam penerbangan tersebut.

BACA: Blue Origin Akan Terbangkan Wisatawan Luar Angkasa Pertamanya Bulan Juli

Pasalnya, penerbangan yang dilakukan oleh miliarder ini sama berbahayanya dengan sebagian besar peluncuran penerbangan luar angkasa lainnya. Secara keseluruhan spaceflight memang bisnis yang secara inheren berisiko.

Menurut Joseph Fragola, CEO Asti Group, LLC dan seorang insinyur sistem independen yang telah menghitung risiko bagi NASA, ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi risiko tersebut.

Pertama ada pada tingkat pengalaman perusahaan peluncuran, jumlah peluncuran yang dilakukan kendaraan tertentu dan jenis mesin roket yang digunakan.



Blue Origin sendiri telah menerbangkan New Shepard 15 kali selama tes tanpa awak, dengan hanya satu kegagalan parsial di mana kapsul penumpang mendarat dengan selamat tetapi pendorong roketnya jatuh.

"Itu hal yang sangat positif," kata Fragola merujuk pada rekam jejak yang sukses, dikutip dari Live Science, Senin (19/7/2021).

BACA JUGA: Bisa Sebabkan Mesin Panas, Ketahui 4 Penyebab Air Radiator Berkurang
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA