Keren, Ilmuwan Korsel Ciptakan Robot Bunglon yang Bisa Berkamuflase

Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:25 WIB
loading...
Keren, Ilmuwan Korsel Ciptakan Robot Bunglon yang Bisa Berkamuflase
Ilmuwan dari Uiversitas Nasional Seoul, Korea Selatan membuat robot bunglon yang bisa menyesuaikan warna dengan lingkungan sekitarnya. Foto/dok
A A A
SEOUL - Ilmuwan dari Uiversitas Nasional Seoul, Korea Selatan membuat robot bunglon yang bisa menyesuaikan warna dengan lingkungan sekitarnya. Teknolog ini diharapkan bisa digunakan untuk industri militer, fashion, dan properti.

Profesor Seung Hwan Ko dari Universitas Nasional Seoul mengatakan kepada BBC bahwa penerapan teknologi pada akhirnya memungkinkan untuk membuat kamuflase. Ho mengatakan, teknologi ini bisa juga digunakan untuk tujuan pakaian kamuflase atau bangunan merespons lingkungan mereka.



Untuk membuat kulit robot yang berubah warna, para peneliti menggunakan tinta kristal cair termokromik yang berubah warna dengan suhu dikombinasikan dengan pemanas kawat nano perak. "Perubahan warna yang dihasilkan cukup cepat, ini sebanding dengan perubahan warna fisiologis yang ditemukan pada hewan," kata para peneliti.

Robot ini memiliki sensor warna di bawahnya, dan meskipun dapat merespons permukaan yang dilintasinya, ia tidak dapat meniru pola latar belakang yang kompleks. Robot ini hanya bisa menyesuaikan warna sekitar sesuai dengan pola yang telah diprogram sebelumnya.



Profesor Ko mengatakan bahwa sementara di masa depan jenis teknologi ini dapat digunakan untuk membuat kamuflase militer yang sesuai dengan latar belakangnya. Aplikasi lain juga dapat mencakup pakaian aktif yang dikenakan hanya untuk alasan estetika.



“Anda bisa membayangkan sebuah kain yang berubah warna dan polanya sesuai selera atau lingkungan Anda," ujarnya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)